Belajar Dan Mengenal Busines Model Kanvas

1516
BMC-Bisnis-model-kanvas
BMC-Bisnis-model-kanvas

Anda harus mencoba dan memulai dengan melakukan visualisasi Bisnis Model Kanvas (BMC), untuk menuju perjalanan sukses pada bisnis yang anda bangun, ini akan menjadi tantangan yang akan anda hadapi sepanjang perjalanan bisnis anda.

Saat ini anda tidak perlu mengembangkan rencana bisnis dengan arsip yang tebal,Kecuali Anda hobi mengarang dan menulis ratusan halaman rencana bisnis, Salah satu caranya adalah untuk memetakan tantangan tersebut dengan mengunakan menggunakan (BMC) business Model Canvas, bisnis model ini pertama kali diperkenalkan oleh Alexander Osterwalder,ini merupakan rencana pemetaan bisnis anda untuk bagaimana anda akan menghadapi tantangan tersebut.

Ini akan menjadi sebuah blueprint perusahaan startup Anda berbentuk framework sederhana agar anda dapat mempresentasikan dan membuat elemen-elemen penting
Apa yang sedang kita bangun? Kebutuhan apa yang dapat dipenuhi oleh bisnis kita? Siapa pelanggannya? Berapa banyak uang yang akan kita hasilkan? Berapa biayanya? Apa langkah-langkah penting yang harus Anda ambil untuk membangun apa yang anda inginkan.

Model bisnis kanvas membantu kita menghadapi semua pertanyaan dan jawaban yang kita butuhkan dan kita akan bertanya pada diri sendiri dan memulai menganalisa dan mengumpulkan data data yang anda butuhkan, setelah anda menemukan apa yang anda bangun dan mengapa?, Anda akan mendapatkan kematangan dan kesiapan untuk bisnis anda.

Saya sendiri menerapkan dan mengunakan bisnis model canvas pada perusahaan yang saya dirikan dan setiap produk yang saya ciptakan, saya bermaksud menulis artikel ini untuk dapat membantu teman teman yang ingin memulai untuk berencana membangun usaha (startup), karena sering sekali saya mendapatkan pertanyaan pertanyaan dari teman teman yang menanyakan kepada saya apa yang harus dilakukan ketika saya ingin memulai membangun sebuah startup?

Sebagai praktisi bussines online dan founder halojasa.com (hengky budiman)
saya menemukan ada 3 manfaat utama dari BMC yang saya gunakan :

FOKUS : Dengan struktur pemetaan saya dapat lebih fokus memberikan kejelasan mengenai bisnis model yang dibentuk, daripada saya harus
membaca dokument rencana bisnis yang tebal nya berhalaman-halaman.

TERARAH : Bentuk visual nya sangat bermanfaat karen memberi pandangan dan arahan secara spesifik dan menyeluruh terhadap model bisnis yang disusun.

KOLABORASI : Sebagai founder dari bisnis startup, saya merasakan hal ini mudah untuk dikomunikasikan kepada team, dan dengan BMC team menjadi lebih mudah mengerti apa model bisnis di organisasi.

Sebelum lanjut saya akan memberikan sebuah ilustrasi animasi video 6 episode – yang akan membantu teman teman untuk memahami business model canvas

Business Model Canvas (BMC) memiliki 9 blog area dari model bisnis, yaitu terdiri dari Customer Segments, Value Propositions, Channels, Customer Relationship, Revenue Streams, Key Activities, Key Resources, Key Partners, Cost Structure.
dan kali ini saya akan coba menjelaskan tentang kesembilan blog model dari “Business Model Canvas” ini secara detail agar teman teman memahaminya:

Customer-Segments-bisnis model kanvas
Customer-Segments-bisnis model kanvas

1.Customer Segments

Siapakah pelangan bisnis anda ?
teman teman harus mencatat dan mendata dan mengkasifikasi segment dari pelangan yang anda akan targetkan untuk menjadi pelangan setia dari bisnis yang anda jalankan,

sebagai contoh untuk menjabarkan spesifik segmentasi pelanggan mulai dari level ekonomi, apakah produk akan menyasar ekonomie kelas bawah, menengah atau kelas atas? demografic usia calon pelangan, Demografic wilayah yang akan ditargetkan apakah kamu akan mulai pada wilayah tertentu atau kota kota besar lainya? komunitas penguna, atau perilaku khusus konsumen, Dengan membagi segmen konsumen, teman teman dapat mengerti dan menangkap kebutuhan khusus dari target konsumen tersebut.

value-proposition-bisnis-model-canvas
value-proposition-bisnis-model-canvas / source strategyzer

2.Value Propositions

Apa keunikan Produk anda dengan kompetitor lainya?
catat dan data apa saja manfaat apa yang akan didapatkan pada konsumen jika memilih produk dari bisnis anda.

Nilai apa yang menjadi pembeda dibandingkan produk/jasa sejenis atau lainnya baik yang menjadi kekuatan,keunikan dan keunggulannya,
sebagai contoh produk anda memiliki penghematan biaya apabila digunakan oleh konsumen, harga yang murah , dan kualitas serta garansi.

channel- bussines -model-canvas
channel- bussines -model-canvas

3.Channels

Dimana anda akan menjual produk anda?
Pada dasarnya channels adalah bagaimana cara anda menjangkau customer dan menyampaikan value propositions dari produk agar dapat dikenal
Anda harus memilih channel yang tepat agar dapat membidik target konsumen yang telah anda rencanakan dan dapat menghasilkan konversi pembeli sesuai dengan yang anda harapkan, makin kreatif ide anda dalam menciptakan channel tentu ini akan memberikan peluang penjualan makin besar peluang Anda untuk unggul dalam persaingan.

Sebagai contoh produk dalam chanel digital anda akan menargetkan pemasaran melalui chanel SEM, SEO, email , video marketing dan pada kegiatan event dan outbound marketing lainya, anda akan memasarkan
pada lokasi spot fasilitas publik yang sering dikunjungi oleh customer segment anda.

Custumer relatioship-Bisnis-model-kanvas
Custumer relatioship-Bisnis-model-kanvas / source treNova Ltd channel

4.Customer Relationship

Bagaimana cara anda mempererat hubungan dengan konsumen?
rencana ini harus dilakukan agar pelanggan anda jumlahnya terus meningkat dan dapat mempertahankan pelangan agar tetap setia mengunakan produk anda.

Anda harus memfasilitasi bisnis anda agar tetap berhubungan dengan pelanggan, perkembangan sarana digital dapat anda gunakan mulai dari email dan sms blast , sebagai contohnya anda dapat melakukan kegiatan untuk mengucapkan selamat pada custumer anda yang sedang berulang tahun, menyampaikan informasi seperti produk baru, penawaran khusus, diskon,
memberikan sarana untuk menjaring aspirasi dari konsumen , layanan otomatis ,komunitas forum penguna dan sebagainya.

Jika pelanggan senang dengan produk anda, ia mungkin akan senang untuk membagikan berita tentang produk dan layanan yang perusahaan anda tawarkan kepada orang lain (yaitu teman dan keluarga).

Efek viral ini akan menciptakan kesadaran yang cepat dan hemat biaya (atau pengakuan merek) untuk perusahaan anda.

revenue-models-bisnis-model-kanvas
revenue-models-bisnis-model-kanvas / source TreNova Ltd channel

5.Revenue Streams

Dari mana anda mendapatkan keuntungan ?
arus penghasilan (revenue stream) sangatlah penting untuk tetap membuat bisnis anda bertumbuh. Dari sinilah akan tergambar dari mana anda menghasilkan uang ,setiap bisnis industri tentu akan memiliki pendapatan dengan cara yang berbeda beda untuk menghasilkan uang tunai, mulai dari :

  • Pendapatan berbasis transaksi Hasil dari penjualan barang yang biasanya merupakan pembayaran pelanggan.
  • Pendapatan layanan: Pendapatan dihasilkan dengan menyediakan layanan kepadapelanggan dan dihitung berdasarkan waktu, Misalnya, jumlah jam layanan konsultasi yang disediakan.
  • Pendapatan proyek, Pendapatan sewa , Pendapatan bunga dan masih banyak lagi.
key-activity-Bisnis-Model-Kanvas
Key-Activity-Bisnis-Model-Kanvas/ source TreNova Ltd Channel

6.Key Activities

Apa kegiatan utama anda ? untuk menciptakan Value Propositions
Aktivitas ini adalah aktivitas pokok yang crusial apabila hilang atau tidak ada, maka value proposition yang kompetitif tidak akan dapat anda realisasikan.

Beberapa kegiatan utama yang umum dilakukan oleh sebagian besar organisasi dan perusahaan adalah :

  • Penelitian & Pengembangan untuk menciptakan produk baru dan mempertahankan kualitas.
  • Rencana produksi hingga perawatan diperlukan apabila kegiatan anda adalah kegiatan Produksi.
  • Management operasional & penjualan bagaimana anda mengelolah sumber daya manusia dan membentuk team yang berkwalitas.
  • Layanan Pelanggan bagaimana anda dapat memberikan dukungan layanan kepada setiap customer anda.
Key-Resources-bisnis-model-kanvas
Key-Resources-bisnis-model-kanvas /source TreNova Ltc Channel

7.Key Resources

Apa yang menjadi sumber daya utama pada bisnis anda?
anda akan memerlukan sumber daya strategies untuk untuk menunjang key activities agar bisa berjalan lancar untuk menghasilkan value proposition sesuai dengan yang diharapkan
saya sering mendengar dari seorang enterprenuer yang baru memulai usahanya yang mengatakan bahwa sumber yang mereka butuhkan adalah modal keuangan dan sering meninggalkan sumber daya lain yang terkadang lebih penting daripada modal,

Berikut contoh sumber daya lainya yang secara umum diperlukan untuk mendukung bisnis anda, Sumber daya ini dapat dikategorikan ke dalam empat kategori utama:

  • Sumber daya asset
  • Sumber daya Manusia
  • Sumber daya intelektual
  • Sumber daya keuangan
keypartners-bisnis-model-kanvas
keypartners-bisnis-model-kanvas/soruce trenova Ltd channel

8.Key Partners

Jangan berusaha untuk menjadi superman, avengers saja bergabung untuk dapat mengalahkan Thanos, jadi ketimbang mengembangkan dan menjalankan semuanya sendiri ada baiknya anda dapat menjalin kerjasama dengan mereka yang telah expert di bidangnya masing – masing, dan anda dapat menganalisa peran partner strategies yang dapat membantu anda.

Pertanyaan yang dapat memberikan anda arahan tepat untuk mendapatkan keypartner adalah :

  • Siapa saja paling tepat untuk menjadi mitra dalam mendukung bisnis anda?
  • Pastikan Sumber Daya Utama mana yang akan anda dapatkan dari mitra?
  • Potensi apa yang akan dihasilkan oleh mitra ?
  • Kegiatan Utama apa yang dilakukan mitra untuk anda?

Hal ini akan berguna dan memberikan 3 manfaat untuk usaha anda

  • Mengoptimalisasikan skala ekonomie yang akan mengurangi biaya operational.
  • Mengurangi risiko dan ketidak pastian karena sekelompok mitra yang expert dibidangnya akan membantu anda.
  • Akuisisi sumber daya yang anda miliki akan lebih fokus mengerjakan hal lainya.
cost-structure-bisnis-model-kanvas
cost-structure-bisnis-model-kanvas

9. Cost Structure

Ini merupakan blog area terakhir dari bisnis canvas anda dan akan menggambarkan hal yang paling penting, yaitu biaya operasional ketika anda menjalankan bisnis.

Untuk Menciptakan “Value Propositions”, seluruh biaya anda ditarik dari “key activities” semua akan menimbulkan biaya.

Pertanyaan yang anda harus petakan adalah :

  • Apa biaya yang paling penting untuk bisnis anda?
  • Temukan Key Resources & Key Activities bisnis anda yang paling mahal?
  • Apa saja biaya yang dikeluarkan dalam rangka menciptakan value?
  • Jenis biaya yang manakah yang lebih besar, fixed cost atau variable cost?
  •  Temukan jawaban jika bisnis diskala menjadi lebih besar, apakah peningkatannya linear, eksponensial, atau tetap?

Saya sarankan kepada teman teman yang ingin praktek secara langsung dapat membuat template Business Model Canvas di kertas A3,ataupun mengunakan papan tulis
dan mempersiapkan sticky notes dengan 2-3 warna berbeda, kemudian mulai mengisi BMC sesuai rencana bisnis yang nantinya akan anda jalankan.
teman teman juga bisa belajar lebih banyak tentang informasi strategy dari masing masing blog pada website https://carabisnisonline.co.id , yang saya miliki
diwebsite tsb juga anda bisa mendwonload themplate business Model Canvas yang saya buat yang dalam bentuk file XL dan juga power point yang dapat anda gunakan.

>>>>Dwonload Disini<<<<

Ingat ketika anda menyelesaikan BMC, ini merupakan langkah awal anda memulai dalam perecananaan bisnis anda, dan seluruh yang anda buat merupakan
asumsi dari hasil analisa dalam perecanaan bisnis yang akan anda lakukan.

Semoga apa yang saya tulis dan sampaikan dapat membantu teman teman untuk memulai dan mewujudkan rencana bisnis yang anda ingin jalankan
Salam Sukses dan Sampai Jumpa dikesempatan berikutnya.

0
0%
like
0
0%
love
2
100%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry