Penting Untuk Pelaku Startup Untuk Melakukan Market Research

340
Market Research is crusial
Market Research is crusial

Halo rekan rekan profesional ,ketika kita memulai bisnis baru atau mengembangkan bisnis yang sudah ada, sangat penting untuk kita melakukan dan menganalisa pasar dan melakukan market research untuk demand permintaan produk yang akan kita pasarkan ,  ini merupakan suatu kegiatan atau komponen penting bagi seseorang pelaku startup.

Dunia startup di Indonesia berkembang begitu pesat, sehingga pada tahun 2018 data yang lihat pada situs www.startupranking.com menempatkan Indonesia sebagai negara yang memiliki startup terbanyak nomor 5 di dunia dengan jumlah 2120 startup, sekaligus sebagai terbanyak di Asia Tenggara. Hal ini tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu daya beli atau sifat konsumtif dari masyarakat itu sendiri yang semakin meningkat, teknologi yang semakin berkembang, jaringan internet yang semakin baik, dan lainnya.

Tapi apakah teman teman tau 42% startup gagal ditahun pertama,disebabkan oleh produk yang anda ciptakan tidak memiliki market.

market research
market research

Nah kalo sudah tau kejadian sprt ini tentunya penting bagi para pelaku-pelaku startup mengetahui bagaimana cara untuk mengambil perhatian dan mengajak para konsumen untuk mau menggunakan layanan atau bisnis anda. Mungkin kalimat yang bisa merepresentasikan kondisi persaingan antar startup di Indonesia adalah and the war has begun. Sehingga yang menjadikan sebuah startup dapat memenangkan war” dan mampu bertahan adalah melakukan market research yang benar dan tepat sasaran.

Market research atau riset pasar adalah sebuah kegiatan/pekerjaan untuk menafsir atau memperkirakan target pasar dari suatu bisnis, baik itu dari segi letak geografi, kalangan masyarakat tertentu, dan sebagainya. Itu semua ditentukan berdasarkan informasi yang didapat melalui market research.

Saya sendiri sebagai founder dan pelaku bisnis startup “halojasa.com” Melakukan dan mempraktekan hal yang sama, kedalam kegiatan bisnis yang saya jalankan .

Berikut tahapan tahapan dalam melakukan anlisa pasar yang pernah saya lakukan

1.  Tentukan model bisnis dari startup anda

Ini akan menjadi sangat penting bagi startup karena ini akan menjadi ciri khas dari suatu startup yang akan diingat oleh masyarakat. Apakah startup anda adalah e-commerce? Atau pemesanan barang atau jasa yang bersifat marketplace atau on-demand? Atau platform pengolahan data? dan sebagainya.

2.  Lakukan mapping dari masalah yang ada dan solusi yang startup anda tawarkan

Hal kedua yang perlu anda lakukan adalah desain riset. Desain riset adalah sebuah kerangka kerja yang berisi perencanaan dalam melakukan sebuah riset. Desain riset lebih fokus pada hubungan sebab akibat dari hal-hal yang mempengaruhi dan dipengaruhi. Ada 3 jenis desain riset, yaitu :

•  Eksploratori : tujuannya untuk mengetahui permasalahan yang paling mendasar

•  Deskriptif : tujuannya untuk memberikan gambaran

•   Kausal : tujuannya untuk memaparkan pembuktian hubungan sebab akibat dari hal-hal yang mempengaruhi dan dipengaruhi

Untuk sebuah bisnis yang sudah ada dan dalam tahap pengembangan, tools yang paling sering digunakan adalah BMC (bussiness model canvas). Namun ini tidak cocok bagi para pelaku startup yang memulai bisnisnya dari awal (sebagai pioner), karena akan ada beberapa bagian di bussiness model canvas yang tidak dimiliki oleh startup-startup rintisan atau pioner. Sehingga bagi para pemilik startup rintisan atau pioner akan lebih tepat jika menggunakan lean canvas yang merupakan hasil sedikit modifikasi dari bussiness model canvas. Untuk memahami apa itu bussiness model canvas dan lean canvas serta perbedaannya anda melakukan browsing.

3.  Kumpulkan data

Pada tahap ini, anda harus mengumpulkan data yang benar-benar anda butuhkan untuk penentuan target pasar anda. Data yang anda dapatkan juga harus bisa merepresentasikan target pasar anda seperti habit-nya, atau istilah lainnya adalah persona. Disisi lain, anda juga harus mampu memperkirakan bahwa data yang anda dapatkan jika diolah akan membantu anda untuk mendapatkan informasi-informasi baru yang anda perlukan, seperti market sizemarket capability, dll. Cara pengumpulan data adalah dengan melakukan survei. Anda harus melakukan survei kepada orang-orang yang tepat sesuai dengan target yang inginkan dan anda tetapkan pada poin 2 di Lean Canvas anda. Ada

2 pendekatan untuk melakukan pengumpulan data, yaitu :

•    Primary research : merupakan pengumpulan data yang sebelumnya tidak pernah ada, atau dilakukan untuk pertama kali. Data yang didapat bisa bersifat kualitatif atau kuantitatif.

➢ Apabila menginginkan data yang bersifat kualitatid, biasanya dilakukan dengan cara langsung terjun ke lapangan menemui orang-orang yang menjadi target pasar dan melakukan survei atau wawancara secara langsung. Sehingga anda sebagai pelaku bisnis bisa langsung mengetahui bagaimana habit dari para target pasar anda.

➢ Apabila menginginkan data yang bersifat kualitatif, biasanya dilakukan dengan cara kuesioner online. Tapi cara ini tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan data yang kualitatif, itu dipengaruhi bagaimana cara anda membuat kuesioner sehingga data yang anda dapatkan merupakan data yang representatif

•    Secondary research : merupakan pengumpulan data yang sudah ada sebelumnya atau diperoleh dari pihak lain, seperti data statistik, google trends, atau hasil melakukan browsing di internet.

4.  Analisis data Pada tahap ini, data yang didapat pada tahap 3 akan dianalisis sehingga mendapatkan informasi yang benar-benar anda butuhkan mengenai target pasar anda, seperti habit target pasar anda, persona, market sizemarket capitalizationrisk management, dll.

5.  Interpretasikan hasil analisis Pada tahap ini, anda melakukan dokumentasi dari setiap kegiatan anda selama melakukan market research sampai hasil analisis anda. Hasil analisis anda biasanya ditampilkan dalam bentuk grafik sesuai variabel yang anda tentukan pada tahap pengumpulan data dan membuat penjelasan dari setiap grafik yang ada. Ini bertujuan sebagai acuan anda bersama startup anda dalam membuat atau mengambil keputusan untuk perkembangan dari bisnis startup anda.

Hasil yang didapat setelah Market Research

1.  Market Size Ini merupakan besaran pasar dalam satuan per individu yang berpotensi membeli atau menggunakan produk anda, baik itu barang ataupun jasa.

2.  User Persona Ini merupakan gambaran dari target market yang anda sasar. Disini anda akan mendapatkan bagaimana perilaku / habit dari calon pengguna produk dari bisnis yang anda jalani. Nantinya ini akan memudahkan anda dalam mengarahkan produk anda sesuai dengan perilaku / habit dari target pasar anda, juga mempermudah bagaimana strategi pemasaran anda nantinya sesuai dengan kebiasaan target pasar anda, misal melalui jejaring sosial facebook atau instagram, dan media lainnya.

3.  Omzet dari produk anda Ini merupakan besaran omzet atau perputaran uang dari produk startup yang anda jalankan dalam kurung waktu tertentum biasanya dalam 1 tahun. Nilai ini didapat dengan cara :

  • dengan, mc = omzet
  • ms = market size
  • N = harga dari produk anda
  • mc = ms N * t * 12
  • t = 30 (jumlah hari dalam 1 bulan)
  • 12 = jumlah bulan dalam 1 tahun

4.  Risk Management Ini diperlukan karena dalam bisnis anda, tentu ada resiko yang mungkin saja mengancam bisnis anda. Biasanya para pelaku bisnis melakukan risk management dengan coso model. Ini akan memudahkan anda dalam menghadapi dan menyelesaikan resiko dari bisnis anda.

Sebelum artikel sharing ini saya akhiri , saya juga berharap teman teman dapat partisipasi meluangkan waktu 1-2menit,ini akan menjadi sebuah contoh yang teman teman dapat pelajari.

untuk mengisi kuesioner dibawah, partisipasi ini dalam upaya mengumpulkan data research untuk industri layanan jasa, hasil research akan memberikan dampak dan manfaat didalam lingkungan social kita,

dan teman teman bisa memilih salah satu dari beberapa katagorie dibawah yang dapat disesuaikan dengan kondisi aktifitas teman teman dalam sehari hari :

Terima kasih atas partisipasi. LIKE postingan ini ketika teman teman suka,dan sampai jumpa di sharing artikel berikut nya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry