Kali ini dalam artikel yang saya tulis, saya akan berbagi tips untuk rekan rekan yang memiliki usaha atau bisnis yang bergelut dalam bidang jasa, atau apapun untuk memahami bagaimana teknik yang tepat untuk mendapatkan testimonial dari pelangan anda sehingga menciptakan kepuasan pelangan.
Tentu kita memahami bagi pemilik bisnis, testimonial dapat menjadi kunci yang membuka hati calon klien. Mereka yang tadinya belum tertarik, menjadi penasaran dengan pengakuan orang lain yang sudah mencoba. Mereka yang tadinya ragu membeli, setelah membaca testimoni bisa saja menjadi yakin.
saya pun ” hengky budiman” sebagai founder bisnis halojasa.com , terus mengali formula yang tepat untuk meningkatkan kepuasan pelangan.
Cara meningkatkan kepuasan pelangan salah satunya adalah dengan cara mendapatkan sebanyak banyak nya Testimoni dari pelangan anda, dan hal ini memegang peranan yang kuat dalam mendatangkan closing dan keuntungan lebih besar dalam bisnis Anda.
Namun, apabila bisnis rekan rekan belum memiliki testimoni, tentunya tak perlu berkecil hati. Berikut ini cara-cara yang pernah saya jalankan dan ketahui yang mungkin perlu rekan rekan lakukan untuk cara mendapatkan testimonial.
1. Pastikan Pelanggan sudah Menggunakan Jasa Anda
Di beberapa situs freelance, ada sebagian pemilik toko online ataupun jasa online yang mencari jasa penulisan review. Tujuannya, agar produk yang mereka jual terlihat sudah ada yang memberikan testimoni dan review.
Hal ini sekilas nampak aman-aman saja. Namun jika rekan rekan amati dengan teliti, pola testimoni ini sama sekali tidak membahas detil tentang produk. Kebanyakan hanya membahas delivery yang cepat atau packagingnya rapi, atau harga nya murah terkadang,hehe, ketika dari rekan rekan tetap mengunakan hal ini, saya sarankan cermat dalam melakukan nya.
Saat ini pembeli memang belum teliti, namun isu testimoni palsu ini cepat atau lambat akan merebak. Bila ketahuan menggunakan testimoni palsu, reputasi bisnis bisa rusak.
Yang perlu kita lakukan dalam mendapatkan testimoni sebenarnya adalah pastikan testimoni ini datang dari pelanggan, dan pastikan pelanggan tersebut sudah menggunakan jasa Anda.
Ini agar testimoni muncul secara alami dan jujur, mudah mudahan akan mendapatkan manfaat nya dikemudian hari.
2.Buatlah standart SOP untuk meminta testimoni kepada pelangan setelah menyelesaikan pekerjaan ataupun menjual produk.
Jika rekan rekan sudah selesai melaksanakan kewajiban bisnis, tidak masalah bila meminta sedikit testimoni kepada pelangan, Bila pelayanan Anda memang cepat dan baik, klien akan dengan senang hati memberikannya. bahkan ketika anda membuat hal ini sebagai standart prosedur, menurut saya sah sah saja, karena ini bisa menjadi data untuk mengukur kepuasan pelangan dari layanan yang anda berikan.
Namun kadang-kadang ada klien yang berusaha objektif, dengan menyebutkan kelebihan kekurangan jasa Anda, Jika rekan rekan ingin memastikan testimoni itu baik, maka mintakan saja testimoni yang bagus. Anda bisa memintanya dengan cara mengatakan,”bapak/ibu, ada komentar positif apa tentang layanan jasa kami?” Hal ini cara singkat untuk dapat berdampak baik untuk reputasi bisnis Anda..
Tapi Jika pelangan anda kenyataan nya memberikan objektif dari kekurangan anda,! tentu anda tidak perlu kecewa , karena comment atau testimonial yang sebenarnya dia rasakan, ini baik untuk rekan rekan! dengan begitu rekan rekan dapat segera memperbaiki kekurangan yang dirasakan oleh pelangan.
Ingat tidak ada siapapun di dunia ini yang dapat memuaskan 100% pelangan nya,!
3. Perhatikan testimoni yang sudah masuk
Meminta testimoni tidak masalah, namun rekan rekan tidak membaca testi yang sudah masuk, itu bisa jadi masalah ! Jangan-jangan, di masa lalu ada yang kurang puas dengan jasa Anda. Anda tidak bisa mendapatkan review baik jika pelanggan lama kurang puas dengan layanan ataupun product Anda.
Jika ada testimoni semacam itu, kontaklah penulisnya dan tanyakan apa ada yang bisa dibantu untuk menyelesaikan ketidakpuasan tersebut.
Sebagai hasilnya, di kemudian hari jika ada orang yang melihat-liat layanan Anda, mereka akan tahu bahwa Anda mengusahakan yang terbaik untuk semua klien.
4. Sediakan fasilitas atau sebuah system agar pelangan anda dapat memberikan review ataupun ulasan tentang layanan anda
Agar testimoni dan review semakin mudah ditangkap, perbanyaklah tempat-tempat yang mampu menyediakannya. Jika Anda dan klien Anda berbisnis melalui platform yang saya sediakan di halojasa, rekan rekan bisa meminta klien memberikan review dengan mudah. Ini karena halojasa sudah menyediakan sistem rating dan komentar tentang layanan yang Anda berikan.
Nah ketika rekan rekan pun memiliki sebuah situs ataupun aplikasi untuk customer, saya sarankan jangan lupa untuk dapat membuat sebuah fitur rating yang dapat digunakan oleh pelangan anda untuk mendapatkan data untuk klien klien yang telah mengunakan produk ataupun jasa anda,
berikut nilai nilai kepuasan pelangan bisa dipelajari disini https://blog.hubspot.com/service/how-to-measure-customer-satisfaction
5.Segera respon keluhan pelanggan
Kadang-kadang ada juga klien yang kelak mengeluhkan jasa dan pelayanan Anda.
Jika itu terjadi, tahan dulu niat Anda untuk membalas. dan pikirkan baik baik ketika anda kesal atas komentar yang disampaikan , apalagi comment nya negative, ingat pelangan adalah raja,! Memang penting untuk mempertahankan bisnis yang Anda bangun, namun melakukannya dalam keadaan emosi hanya akan memperkeruh suasana. Undur saja 24 jam untuk membalas komentar negatif. Ini membuat pikiran Anda lebih tenang.
Atau yang jauh lebih baik, adalah dengan tidak membalas komentar tersebut. Kontak langsung mereka, minta maaflah, dan tanyakan adakah cara yang bisa dilakukan untuk mengobati kekecewaan tersebut.
Seringkali jika kita “merawat” klien yang mengeluh, mereka akan dengan senang hati memperbaiki reviewnya, dan justru malah merekomendasikan Anda pada teman-temannya.
6. Cari testimoni yang menunjukkan keunikan layanan Jasa Anda
Testimoni seperti “pelayanan cepat, memuaskan” sudah biasa.
Jika seseorang diminta memberi testimoni, rata-rata seperti itu.
Testimoni yang berkelas adalah testimoni dengan cerita,bahkan customer anda seperti sedang mendongeng, menceritakan layanan atau pun produk anda dengan emosi bahagia setelah merasakan manfaat nya.
Jika rekan rekan mau, mintalah klien Anda untuk menceritakan pengalamannya menggunakan jasa Anda. Jika diminta menceritakan pengalaman, biasanya testimoni yang muncul akan panjang dan personal. Ini akan bagus untuk menguatkan kesan bahwa layanan yang Anda berikan sungguh berkualitas.
Jika review yang jelek tidak sebanyak yang baik, abaikan saja
Semakin besar bisnis Anda, akan semakin banyak review yang Anda terima, Namun di balik testimoni yang banyak itu, ada kemungkinan terselip juga satu dua testimoni yang jelek.,seperti diplatform yang saya bangun juga ada banyak, tapi untungnya tidak sebanyak comment positive yang diberikan. hehe..
Demikianlah, seperti yang saya info sebelumnya kita tidak bisa membahagiakan semua orang. bahkan kalo keluarga kamu yang membeli kalo mereka tidak puas, pasti mereka juga akan berkomentar negative, Anda tak perlu berkecil hati kalau memang ada kritikan untuk Anda. Jika kritik semacam itu hanya sedikit, dalam arti tidak sebanyak review yang bagus, maka biarkan saja, itu akan nampak natural.
Buatlah proses review cepat dan mudah. Proses pemberian testimoni haruslah cepat dan mudah, agar klien juga tidak merasa direpotkan. jadi pastikan ketika anda membangun platrom system pastikan user experience untuk pelangan dapat diperhatikan.
rekan rekan bisa pelajari disini tentang membangun psychology ui ux dalam membangun fitur rating disini https://medium.muz.li/the-psychology-of-rating-systems-in-ux-9739c6ba6ec4
7. Berikan sebuah bonus, dan mintalah testimoni sebagai gantinya
Salah satu bisnis jasa yang kami temui memberikan beberapa bonus dari jasanya. Anda juga bisa meniru hal berikut ini.
Berikanlah bonus pada klien Anda. Bonus ini tidak disebutkan di awal, dengan niat memberikan kejutan pada klien.
Jika klien nampaknya puas dengan bonus tersebut, silakan minta testimoni sebagai upahnya. tapi ini akan menjadi dana tambahan yang harus disediakan untuk membangun kampanye ini. pertimbagkan baik baik sebelum memutuskan nya
Pajang Testimoni Anda di Semua Media Pemasaran
Kadang-kadang jumlah testimoni yang kita dapat tidak merata. Banyak di sosmed, . Atau sepi di sosmed, tapi ramai testimoni di chat.
Agar tersebar merata, screenshot testimoni yang ada di sumber yang ramai, lalu pindahkan ke saluran pemasaran yang masih sepi.
Misalnya Anda mendapatkan banyak komentar positif melalui chatting. Screenshot chatting-chatting itu, satukan, dan upload di bagian portofolio atau dapat dimanfaatkan dicompany profile rekan rekan .
dengan demikan artikel ini saya tulis untuk dapat membantu rekan rekan untuk memberikan sebuah gambaran ataupun ide dalam membangun testimonial untuk pelangan anda. terima kasih dan sampai jumpa di kesempatan berikutnya