Jika Anda melihat tren saat ini maka sebenarnya orang-orang yang paling sering berbelanja cara online adalah kaum perempuan. Hal ini sama seperti ketika perempuan sudah masuk ke supermarket maka mereka bisa bertahan selama beberapa jam hanya untuk mencari satu barang. Perempuan lebih banyak menilai produk dibandingkan laki-laki. Karena itu jika Anda membangun sebuah toko online maka perhatikan bahwa Anda bisa mendapatkan konsumen perempuan lebih banyak. Dan tentunya jika Anda menjual produk khusus untuk laki-laki maka Anda bisa melakukan promosi yang sama. Berikut ini adalah beberapa trik untuk mendapatkan konsumen perempuan untuk toko online maupun situs e-commerce.
Sponsor: jasa pembuatan aplikasi mobile
1. Terapkan sistem penawaran yang mudah
Perempuan memiliki kebiasaan untuk mencari berbagai produk sesuai dengan keinginan mereka. Meskipun ada banyak penawaran maka mereka tidak akan membeli sampai mendapatkan produk yang mereka bayangkan. Karena itu Anda harus membuat situs atau toko online Anda menyediakan penawaran yang sangat mudah. Caranya dengan memberikan penawaran produk berdasarkan kategori produk, merek, skala harga dan beberapa penilaian yang lain. Dengan menerapkan cara ini maka seorang konsumen wanita bisa bertahan lama untuk menjelajah situs toko online Anda dan akhirnya memutuskan untuk melakukan transaksi.
2. Jangan lupa menyisipkan review produk
Jika Anda merancang bagian situs toko online maka jangan pernah meninggalkan halaman revies atau testimoni produk. Kebiasaan lain dari konsumen wanita adalah berusaha untuk menemukan produk yang tepat tanpa melakukan kesalahan. Caranya adalah dengan mendengarkan pendapat dari konsumen lain yang sudah pernah membeli produk itu. Kemudian konsumen wanita akan menarik kesimpulan dari berbagai review itu. Jika mereka menilai bahwa toko Anda menyediakan produk yang mereka cari, maka mereka tidak mempertimbangkan banyak waktu untuk membeli produk yang Anda jual.
3. Jangan lupa peran sosial media
Kemudian jangan hanya mengandalkan toko online untuk mendapatkan konsumen wanita. Anda harus bergerak banyak dibidang sosial media. Mengapa harus tetap melibatkan sosial medis meskipun Anda sudah memiliki toko online? Karena wanita lebih sering berkutat dengan sosial media karena mereka sering merasa senang bila dipuji atau diketahui menggunakan sebuah produk yang diinginkan banyak orang. Bahkan termasuk untuk produk aksesoris seperti jam atau perhiasan.
4. Jangan lupa menawarkan diskon
Jika wanita sering menawar harga secara langsung ketika masuk ke pasar tradisional, maka mereka juga mencari harga murah untuk produk yang dijual secara online. Namun mereka tidak mau mencari barang murahan jadi tetap mempertahankan merek sebuah produk yang sudah diinginkan sejak lama. Untuk menarik konsumen wanita maka Anda harus menawarkan diskon khusus. Caranya adalah dengan memberikan diskon ketika hari khusus seperti peringatan Hari Kartini, Tahun Baru atau jenis perayaan yang lain.
Bagaimanapun konsumen wanita lebih senang ketika bisa memanfaatkan teknologi terbaru. Termasuk untuk berbelanja secara online. Jadi pertimbangkan tips ini ketika Anda ingin membangun pasar yang didominasi oleh konsumen wanita.