Persona Bisnis, Penghubung kita dengan Konsumen

58
Jasa Cuci AC Jakarta Pusat

Jasa Cuci AC Jakarta PusatApakah kamu sudah menemukan langkah tepat untuk menentukan persona startup yang kamu bangun?

Sebagai wirausaha, salah satu pelajaran bisnis yang paling sulit adalah menentukan pilihan dan fokus. Mungkin belajar dari kesalahan adalah sesuatu yang sering dilakukan setelah mencoba berbagai cara dan kemungkinan sekaligus. Ada banyak aspek yang perlu kamu pikirkan ketika menjalani sebuah bisnis startup dan bagaimana cara menentukan persona startup yang akan dibangun.

Lalu, bagaimana caranya menentukan persona yang sesuai?

3 Langkah yang Tepat untuk Membangun Persona

Berikut ini 3 langkah yang tepat untuk membantu kamu membangun persona

  • Menjadi Bayangan

Untuk menciptakan sebuah persona, kamu memerlukan banyak informasi mengenai pelanggan. Dari sekian banyak informasi yang kamu dapatkan, tidak ada informasi yang lebih penting dibandingkan dengan sebuah informasi menarik yang terkoneksi dan menjadi alasan utama mengapa mereka menjadi seperti itu dan melakukan hal tersebut.

Anggap saja kamu sedang bereksperimen menjadi bayangan dari seorang pelanggan, kamu akan mengetahui bagaimana cara pelanggan menjalani harinya, menyelesaikan masalahnya, dan memenuhi kebutuhannya. Dari data tersebut, ambillah beberapa data yang kamu anggap cocok untuk menggambarkan persona yang akan kamu bangun. Buatlah sedikit agak fiksi, namun tetap realistis.

  • Meneliti Persona

Jika sebelumnya kamu sudah melakukan riset mengenai target pasar, kamu masih perlu melakukan riset tambahan untuk membangun representasi yang cukup akurat tentang persona startup.

Berawal dari, ‘seorang wanita, berumur sekitar 20-30 tahun, seorang wanita karir yang tinggal di daerah perkotaan dengan penghasilan 15 juta perbulan, selalu menggunakan jasa kebugaran online’ kamu akan membutuhkan informasi yang lebih lengkap untuk menjawab, ‘persona seperti apa yang akan dibangun?’.

Namun, apabila riset yang sebelumnya telah kamu lakukan secara rinci, kamu akan melewati riset tambahan ini dengan waktu yang lebih singkat. Dalam menentukan persona, sebaiknya jangan terburu-buru karena perasaan ingin segera mengubah dunia.

Meluangkan waktu dan fokus penuh pada riset ini akan sangat membantu kamu menciptakan sebuah produk terbaik yang dapat menjadi solusi terhebat bagi pelanggan kamu. Jika sebagian besar sebuah bisnis menciptakan lebih dari satu persona, sebaiknya fokus pada persona utama kamu.

Wawancarai pelanggan, jika kamu sudah memiliki pelanggan tetap, ini merupakan langkah awal yang baik dalam membantu kamu mendapatkan informasi yang lengkap. Misalnya dengan memberikan kuisioner.

Menyelami segmen pasar, jika ternyata kamu belum memiliki pelanggan, carilah informasi secara online melalui orang-orang yang menjadi segmen pasar kamu dan ajukan pertanyaan selengkap mungkin. Bertemu di kehidupan nyata juga sebenarnya sangat diperlukan untuk mendapatkan data yang lebih konkrit.

Mencari data sebanyak mungkin, pertanyaan paling penting dalam membangun persona ini adalah, ‘berapa banyak orang yang perlu diajak bicara untuk mendapatkan data yang lengkap?’ berinteraksilah dengan sebanyak mungkin agar kamu dapat menemukan pola yang tepat dari jawaban-jawaban yang diberikan.

  • Ketakutan dan Motivasi

Melalui kekhawatiran dan motivasi yang telah kamu kembangkan pada riset sebelumnya, gunakan hal tersebut untuk mengetahui apa yang membuat persona brand kamu tetap hidup di malam hari, dan apa yang membuat pelanggan bangun di pagi hari. Kekhawatiran yang muncul dalam diri kamu harus dijadikan sebagai motivasi untuk terus berkembang menjadi yang terbaik.

Ketahuilah, kedua hal ini menjadi pendorong utama yang akan membantu kamu menentukan kriteria dalam menciptakan sebuah fitur dan strategi pemasaran yang akan diadopsi.

Menentukan sebuah persona startup memang tidaklah mudah. Butuh riset yang panjang dan mendalam, perlu waktu yang tak sebentar pula. Namun, sebuah persona yang dibangun dengan baik, akan jadi penghubung yang tepat antara kamu dan pelanggan. Jika kamu dan pelanggan sudah terkoneksi dengan baik, tentunya bisnis akan berjalan lancar. Seperti mengetahui persona yang tepat untuk bisnis Jasa Service AC Bekasi. Temukan dan tentukan persona bisnis kamu sebaik mungkin ya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry