Cara Jadi Ahli Pemasaran Dengan Belajar Bauran Promosi

23
Cara Jadi Ahli Pemasaran

Cara Jadi Ahli Pemasaran  – Untuk menjadi pengusaha sukses, tentu anda harus tahu benar cara untuk mempromosikan jasa atau produk anda. Karena dengan cara inilah produk dan jasa anda bisa terjual. para marketer yang telah berhasil menjual produknya di pasaran, ternyata tidak sedikit dari mereka yang menggunakan cara Bauran Promosi (Promotion Mix), yakni berbagai perangkat dalam komunikasi yang digunakan untuk kegiatan promosi.

Sponsored: jasa design website

Penggunaan berbagai macam alat dalam melakukan promosi ini merupakan cara terbaik untuk bisa menyampaikan pesan dari produk kepada target konsumennya dengan cara efektif. Bauran promosi ini adalah salah satu bagian dari Bauran Pemasaran atau biasa disebut Marketing Mix.

Cara Jadi Ahli Pemasaran

Dalam bauran promosi ada beberapa perangkat yang bisa diterapkan, di antaranya adalah :

Advertising (Periklanan)

Iklan merupakan bentuk komunikasi non-personal dengan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam penggunaan media massa tujuannya untuk mempengaruhi audiens. dan iklan adalah bentuk dari penyajian non personal dan promosi ide, atau barang atau jasa oleh sponsor yang perlu dibayar.

Jadi periklanan adalah merupakan media komunikasi massa yang dibuat dengan tujuan mempengaruhi target pasarnya. dan obyek yang dikomunikasikan atau disampaikan adalah ide/gagasan, jasa, barang, atau pun lainnya yang dilakukan oleh perusahaan, institusi, lembaga, atau siapapun.

saat ini orang-orang membeli sebuah produk memang banyak karena pengaruh iklan, baik iklan di radio, koran, televisi,  majalah, billboard di pinggir jalan, spanduk, internet atau yang lainnya. Tak bisa dipungkiri, iklan memang menjadi salah satu media yang ampuh untuk berkomunikasi dengan banyak orang. Dengan memasang satu iklan di facebook saja akan ada ratusan bahkan ribuan pasang mata yang akan melihat dan menerima pesan melalui iklan.

Sales Promotion

Promosi penjualan (Sales Promotion) adalah insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan agar orang mencoba atau membeli suatu produk atau jasa. Sedangkan Promosi Penjualan adalah suatu kegiatan dari perusahaan untuk menjajakan produk dengan sedemikian rupa sehingga konsumen akan mudah untuk  melihatnya.

bauran promosi ini adalah kegiatan promosi penjualan yang sering dilakukan oleh pemasar untuk mempetemukan produk dengan target pasarnya secara langsung. Salah satu cara dari promosi penjualan ini adalah dengan dilakukan beberapa hal seperti memberikan diskon besar-besaran, pemberian kupon belanja, pemberian hadiah langsung, bahkan sample produk yang diberikan dengan gratis.

Public Realation and Publisity (Hubungan Massa)

Public Relations adalah salah satu dari fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan baik dan bermanfaat antara perusahaan dengan publik yang memiliki pengaruh pada kesuksesan perusahaan.

Personal Selling (Penjualan Perorangan)

Personal Selling adalah sebuah proses pemasaran secara lisan antara pembeli atau penjual. Dan menurut menurut Phillip Kotler, Personal Selling adalah potensi lisan dalam pembicaraan antara pemasar dengan salah satu atau lebih calon pembeli untuk tujuan penjualan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry