Ada berbagai jenis video explaner yang secara umum, yang digunakan untuk strategi pemasaran tetapi hanya beberapa yang efektif untuk bisnis Anda.
Setelah Anda memutuskan untuk membuat video animasi explaner untuk menceritakan kisah bisnis Anda dengan cara yang menarik, meningkatkan konversi, memaksimalkan paparan bisnis Anda dan meningkatkan penjualan, sekarang saatnya untuk memikirkan jenis video yang akan Anda pilih.
Apakah anda Sudah tahu jenis video yang Anda inginkan?
Ini bisa menjadi tugas yang sulit jika Anda tidak tahu apa yang Anda pilih. Ada berbagai jenis video explaner di luar sana, tetapi hanya sedikit dari gaya-gaya itu yang akan efektif untuk bisnis Anda. Itu sebabnya penting untuk mengetahui tentang mereka semua.
Baik Anda pemula, atau seorang marketing dari perusahaan besar, sangat penting untuk menentukan gaya terbaik untuk video Anda, dan dengan demikian sebelum anda memutuskan untuk membuat video tersebut ada baiknya anda mengajukan pertanyaan berikut kepada calon mitra yang akan membantu anda dalam membuat video tersebut :
apa tujuan saya? Siapa yang saya targetkan? Pesan mana yang ingin saya sampaikan? Berapa anggaran saya? Jawabannya akan membuat Anda lebih dekat dengan apa yang Anda butuhkan dan akan membantu Anda dalam memilih jenis dan konsep video yang tepat untuk ke mana Anda ingin tergetkan.
Pertama-tama, penting untuk diingat bahwa setiap jenis dan konsep memiliki pro dan kontra. Sementara beberapa menyenangkan dan kreatif, yang lain inspirasional dan lebih serius. Yang paling penting adalah memahami audiens target Anda dan selalu ingat untuk menggunakan kata kunci pemasaran dan juga ajakan user untuk bertindak ketika mereka melihat video yang anda tayangkan
Panggilan-ke-Tindakan (atau CTA, singkatnya) adalah yang akan membawa audiens Anda menonton video indah Anda ke situs Anda dan masuk ke saluran penjualan Anda. Anda tidak dapat mengabaikannya, karena CTA itulah yang memberi tahu audiens apa yang Anda harapkan dari mereka.
Sekarang mari kita langsung ke intinya,berikut adalah beberapa jenis Video Exlaner yang paling umum digunakan:
- 2D CHARACTER ANIMATION
- 2D MOTION GRAPHICS ANIMATION
- 2.5D ANIMATION
- WHITEBOARD ANIMATION VIDEOS
- 3D ANIMATION
- LIVE ACTION
- LIVE ACTION WITH TRACK ELEMENTS
- STOP MOTION
- TYPOGRAPHY
- SCREENCAST
Ini adalah jenis jenis video yang lebih sering digunakan oleh perusahaan perusahaan dalam membuat video, terlepas dari ukuran, audiens, atau industri mereka. Kenapa begitu? Karena video animasi lebih menyenangkan, menarik, dan unik. Selain itu, mereka menawarkan kemungkinan yang hampir tak terbatas untuk menceritakan kisah apa pun.
1. 2D Character Animation, Animasi 2D adalah salah satu teknik yang paling populer dan banyak digunakan – dan karena suatu alasan. Ini adalah gaya di mana karakter dan adegan dibuat dalam ruang 2D menggunakan perspektif untuk menciptakan ilusi kedalaman. Jenis animasi ini adalah pilihan yang bagus untuk perusahaan B2C atau B2B karena ini membangkitkan emosi dan menarik langsung ke audiens, menjadikannya bentuk konten yang ideal untuk dibagikan kepada orang-orang.
Saya tahu Anda mungkin curiga tentang penampilannya yang sederhana. Jangan jadi. Gambar dan angka 2D bisa sederhana tetapi itu bagus, karena mereka menghindari audiens yang berlebihan dan membuat fokus pada pesan Anda.
2. 2D Motion Graphics Animation, Ini terutama ditandai untuk menjadi menarik dan lugas. Gaya ini sangat ideal untuk perusahaan yang memiliki produk atau layanan yang rumit untuk dijelaskan atau yang ingin membawa kepercayaan dan semangat pada merek mereka. Dengan kata lain, grafik digunakan untuk menunjukkan bagaimana produk atau layanan itu bekerja dan bagaimana pelanggan dapat memperoleh manfaat darinya.
Selain itu, video animasi grafis gerak 2D terlihat segar, penuh warna dan dinamis. Semua karakteristik tersebut berfungsi sebagai fitur menarik yang akan mengaitkan audiens Anda dari detik pertama. Mengingat kompleksitas produk atau layanan yang menggunakan gaya ini, itu pasti menguntungkan.
3. 2.5D Animation, Teknik animasi ini mensimulasikan lingkungan 3D. Ini memiliki semua manfaat dari video animasi gerak grafik dan itu adalah cara yang cukup menarik untuk memiliki hasil yang profesional dan menarik tanpa kerumitan dan waktu (dan uang) teknik memakan animasi 3D.
Layering objek membuat seluruh video tampak lebih canggih dan lancar. Ini seperti mencari guntingan bergerak dalam ruang mirip 3D, bahkan ketika semua elemen dirancang dalam 2D. Ini adalah alternatif yang bagus untuk perusahaan dengan anggaran terbatas yang ingin terlihat unggul tetapi tidak mampu membayar harga yang datang dengan teknik 3D.
4 Whiteboard Animation Videos, Ini adalah salah satu gaya yang paling populer dan disukai untuk perusahaan B2C dan B2B karena video papan tulis sempurna untuk menyelam sedikit lebih dalam ke dalam produk, layanan, atau penjelasan proses. Gaya ini terdiri dari menggambar ilustrasi hitam putih sederhana di papan tulis untuk menjelaskan konsep.
Seluruh cerita baru saja muncul tepat di depan mata Anda dan keluar dari udara tipis, sehingga Anda tertarik ke dalamnya dari awal. Selain itu, animasi papan tulis memiliki perasaan sederhana yang saya sebutkan ketika berbicara tentang animasi karakter 2D yang menawarkan manfaat langsung dan to-the-point.
5. 3D Animation,Teknik animasi ini memiliki kemungkinan tak terbatas. Sebagian besar digunakan untuk tujuan komersial karena kualitasnya yang tinggi dan untuk rasa mutakhir yang dapat membuat merek Anda diperhatikan dalam sekejap. Selain itu, kemampuan untuk memutar dan memperbesar ke semua elemen dalam video membuat penonton merasa tenggelam dalam apa yang ditampilkan.
Namun demikian, produksi animasi 3D bisa sangat mahal, jadi ini bukan pilihan yang cocok jika Anda memiliki anggaran kecil. Akhirnya, bahkan jika Anda memiliki uang untuk jenis video ini, Anda harus mempertimbangkan bahwa waktu produksi cenderung lebih lama, hanya karena setiap perubahan atau penyesuaian membutuhkan lebih banyak usaha daripada dengan gaya lainnya.
6. Live Action , Dalam video aksi langsung, semuanya direkam menggunakan kamera. Ini adalah pilihan yang baik untuk perusahaan yang ingin membangun hubungan pribadi antara mereka dan pelanggan potensial dengan menunjukkan orang-orang nyata dalam adegan nyata.
Juga dalam video aksi langsung, Anda dapat menempatkan karyawan Anda, pelanggan Anda atau bahkan diri Anda sendiri di depan mata audiens Anda untuk menjelaskan atau mendukung produk atau layanan Anda. Sering digunakan dalam testimonial, gaya ini dapat bekerja dalam video yang menjelaskan karena kekuatan mereka untuk terlibat dengan audiens – orang mempercayai merek yang tidak takut untuk menunjukkan sisi kemanusiaan mereka!
7. Live Action With Track Elements, ini adalah cuplikan video langsung yang terintegrasi dengan elemen 3D yang dilacak ke video. Ini membawa ide interaksi nyata dan perasaan yang lebih mendalam. Elemen-elemen yang ditambahkan juga menambah tampilan dan ritme yang lebih dinamis, menjadikan perjalanan semakin menyenangkan bagi para penonton.
Kombinasi video langsung dengan komponen grafis menawarkan manfaat luar biasa. Di satu sisi, ada ‘sisi manusia’ yang saya sebutkan di atas – bagus untuk pertunangan. Di sisi lain, grafik menambahkan lapisan baru yang dapat Anda andalkan untuk memperkuat penjelasan tentang produk atau layanan Anda.
8. Stop Motion, Ini adalah teknik animasi yang terdiri dari memotret objek saat bergerak dalam jumlah kecil menciptakan ilusi gerakan ketika serangkaian frame dimainkan sebagai urutan. Anda mungkin pernah melihat film pendek dan film yang menggunakan teknik ini untuk efek yang benar-benar unik.
Efek unik itu mungkin manfaat terbaik yang bisa Anda dapatkan dari video gerakan berhenti. Tetapi, teknik ini mahal dan juga jika Anda harus melakukan perubahan, mungkin saja Anda tidak bisa atau mungkin akan menghabiskan banyak waktu dan uang.
9. Typography,Gaya ini didasarkan pada animasi font tipografi untuk mengekspresikan ide. Kedengarannya terlalu sederhana? namun Jika font yang tepat digunakan, video dapat menggunakan format yang tepat untuk menggarisbawahi bagian-bagian tertentu dan membuatnya melekat di memori audiens Anda.
Selain itu, menggunakan warna dan gerakan yang dipasangkan dengan musik dan sulih suara yang tepat, video dapat memiliki ritme yang tidak terduga yang akan membuat audiens Anda menonton untuk melihat ke mana Anda pergi. Poin bonus untuk gaya ini karena biaya yang terjangkau dan waktu produksi yang lebih singkat.
10 Screencast
Screencast adalah rekaman digital dari tangkapan layar yang berisi narasi audio. Karena ini adalah salah satu alternatif berbiaya rendah untuk membuat video, beberapa startup mengandalkannya, terutama dalam hal tutorial. Anda dapat berpikir bahwa ini tidak akan berfungsi untuk video penjelajah Anda tetapi tergantung pada apa yang Anda tawarkan.
11.power point video
Jika produk Anda adalah perangkat lunak atau platform yang kompleks, Anda bisa memanfaatkan gaya ini untuk menunjukkan cara kerjanya. Demonstrasi kemampuan waktu nyata mungkin adalah apa yang Anda perlu tunjukkan untuk menjaga minat audiens Anda. Untuk angaran yang lebih effesien anda juga dapat mengunakan beberapa template video animasi berbasis aplikasi yang dapat anda manfaatkan seperti :
1. Make WebVideo – Sebuah aplikasi online untuk membuat berkualitas tinggi video animasi hanya dalam 15 menit. Harga adalah sekitar $ 29 untuk video 1920 x 1080, aplikasi ini berbasis website yang dapat membuat video secara langsung tanpa mendownload software apapun.
2. GoAnimate , cocok untuk mahasiswa untuk dapat melakukan exploriasasi dalam membuat sebuah video ,fitur fitur nya sangat menarik diantara lainya anda dapat membuat karakter animasi karkater diri anda sendiri .
3.Powtoon Ltd, untuk menjadi seorang video developer tidak perlu menjadi pro , anda dapat memanfaatkan video ini untuk menjadi seorang agency pembuat video animasi, karena selain anda diberikan kemudahaan dalam development proces, aplikasi ini memberikan music royalti secara gratis .
4. CrazyTalk, uniknya pada aplikasi video ini adalah sebagian besar fokus fiturnya adalah berfokus kepada animasi wajah dan sering disebut sebut sebagai perangkat 3d avatar animasi tubuh.
5.iClone, software ini kaya dengan fitur 3d karakteristik penciptaan lingkungan , wajah & efek bayangan, ini adalah salah satu perangkat lunak yang dapat membantu Anda membuat menakjubkan animasi video.
6.ToonBoom Harmony ,ini merupakan platform story bord yang unik yang dapat membantu anda merancang video yang penuh dengan cerita menarik dan anda akan dibantu dengan tutorial instruktur untuk pelatihan dalam pembuatan video.
7.VideoScribe, didalam platform ini anda dapat merancang cerita pada sebuah permukaan papan tulis dan menambahkan fitur gambar dan video tambahan , bahkan voiceovers dan soundtrack.
8.Animaker, dalam satu platform terdapat kurang lebih 120 jenis video animasi yang memiliki kemudahan dalam proces pembuatan dengan fitur drag and drop , tambahan grafis dan infografis sangat mungkin untuk anda lakukan .
9.Biteable, aplikasi yang memiliki sumber daya template yang sangat besar dalam proces pembuatan animasi video .
10.Moovly Studio, selain fitur drag and drop Moovly studio adalah salah satu pembuat beberapa video berbasis website yang supportable pada semua browser.
11.RawShorts, memiliki ribuan grafis penunjang estetika video design, ketika anda membuat video pada platform ini anda akan memiliki estetika terbaik dalam video yang akan anda buat.
12.Animatron, memiliki karakter tersendiri yang fokus kepada animasi berkarkter dan alat alat peraga serta latar belakang yang sangat menarik.
13. Mysimpleshow, anda dapat memiliki alur template cerita yang menarik perhatian audience ketika menonton video yang anda miliki.
Jika anda memiliki budget perencanaan pemasaran lebih dan ingin menghasilkan video animasi dengan gaya serta tampilan yang profesional , mungkin anda dapat mempertimbangkan beberapa perusahaan video agency terbaik, yang dapat membantu anda dalam menghasilkan video video creative yang dapat memenuhi kebutuhan anda.
Berikut 10 perusahaan terbaik pembuat video explaners
- Yum Yum Videos
- Epipheo Studios
- Sandwich Video
- Demo Duck
- Thinkmojo
- Explanify
- Switch Video
- Grumo Media
- Wyzowl
- Blink Tower
Untuk penyimpulan hal ini ..
Mempertahankan poin-poin ini dalam pikiran akan memastikan bahwa video Anda membawa hasil yang bagus dan dapat mencapai matrix dari tujuan strategi bisnis Anda . Mengetahui dan memahami konsep dan type video animasi sangat penting dalam membuat video karena ini cukup efektif untuk memperkuat bisnis Anda dan mempromosikan merek