Email marketing adalah salah satu cara promosi yang dapat dikatakan sangat populer di kalangan para advertiser, publisher ataupun marketer. Hal ini terbilang wajar jika mempertimbangkan bahwa menggunakan email sebagai sarana marketing atau promosi tidak terlalu memakan banyak cost/ budget namun dengan potensi mendatangkan audience/ customer( pengunjung landing page yang url-nya diselipkan pada email promosi yang dikirimkan).
Sponsor : buat web toko online
Umumnya, penggunaan email marketing sendiri banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar, toko / bisnis online dan juga publisher CPA. Untuk penerapan email marketing, langkah awal yang umumnya harus dilakukan adalah membangun email list yang akan menjadi recipient/ penerima email promosi. Setelah itu, dilanjutkan dengan pembuatan campaign dan juga isi pesan di dalam email yang nantinya akan dikirimkan pada audience/ target marketing/ recipient.
Untuk dapat meningkatkan performa email marketing dalam menarik audience agar membeli suatu produk atau mengunjungi landing page yang disediakan, penerapan email marketing haruslah didukung oleh sejumlah tools online. Pada bagian ini, carabisnisonline.co.id telah merangkum 3 tools online yang umumnnya digunakan dalam email marketing. Berikut rangkumannya:
- MailChimp
Tools online pertama yang sering digunakan untuk menunjang penerapan email marketing adalah MailChimp. Sebenarnya, MailChimp adalah layanan email marketing yang juga memungkinkan anda membuat campaign email di dalamnya. Namun, meskipun banyak di-claim gratis, terdapat beberapa fitur di dalam MailChimp yang mengharuskan anda membayar untuk menggunakannya. Kebanyakan marketer hanya menggunakan MailChimp untuk melakukan broadcase ke email list target marketing atau recipient.
- Active campaign
Tools online selanjutnya yang juga kerap digunakan untuk menunjang teknik marketing yang satu ini’ email marketing” adalah active campaign. Tools online yang satu ini memanglah bukan tools gratisan, namun keberadaannya akan sangat menunjang efektifitas dari email marketing yang diterapkan. Active campaign dapat membantu anda dalam mensegmentasi audience/ target marketing anda berdasarkan kebiasaan audience dalam membaca email. Tidak hanya itu, anda juga dapat menggunakan tags, CRM, membalas email pelanggan secara langsung dan juga mengirimka email automation.
- Infusion Soft
Tools online terakhir yang dapat digunakan untuk menunjang performa email marketing bisnis anda anda adalah infusion soft. Tools online yang satu ini cukup terkenal di kalangan marketer online yang menggunakan email marketing sebagai metode promosi atau branding produknya. Infusion Soft dapat dikategorikan sebagai tools email marketing lengkap, dimana ia mengkombinasikan CRM, email automation dan juga e-commerce di dalamnya. Selain itu, di dalam tools email marketing ini juga terdapat fitur yang memungkinkan anda menghentikan pengiriman email ketika recipient/ audience telah melakukan tindakan tertentu( semacam penolakan atau reaksi ketidaktertarikan), sehingga pengguna email yang menerima pesan promosi sebelumnya tidak merasa terganggu akan email marketing yang anda lakukan.