Tujuan Dari Menetapkan Harga Produk Yang Baru

235
Tujuan Dari Menetapkan Harga Produk

 Tujuan Dari Menetapkan Harga Produk ada berbagai tujuan atau orientasi dari penetapan harga suatu produk atau layanan. Dan salah satunya adalah untuk mendapatkan laba dari produk yang dijual. Tapi saat ini ada banyak alasan dari sebuah penetapan harga dari produk. Karena tidak hanya soal berapa besar laba atau keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan. Tapi juga bisa masuk pada berbagai pertimbangan non ekonomis.

Tujuan Dari Menetapkan Harga ProdukSponsor : aplikasi catering

Penetapan harga adalah proses dalam bisnis yang harus dilakukan oleh setiap perusahaan untuk memberikan nilai pada produk atau jasa yang diberikan kepda konsumen. Penatapan harga ini bisa dilakukan dengan mengkalkulasi semua biaya yang dikeluarkan dalam produksi, sehingga kemudian bisa ditentukan nilai produknya agar bisa mendpatkan keuntungan. Di era modern ini, perhitungan itu juga selain untuk mendapatkan keuntungan berupa uang juga bisa dilakukan berbagai pertimbangan berdasarkan banyak faktor lainnya, apa saja itu seperti : kebutuhan, keinginan, dan harapan dari konsumen.

Ada beberapa tujuan dari penetapan harga, berikut ini penjelasannya :

  1. Maksimalisasi keuntungan

Perusahaan didirikan tentu agar bisa mendapatkan keuntungan dari aktifitas yang dilakukan dan mengeluarkan biaya yang sekecil-kecilnya. Hal ini sesuai dengan prinsip ekonomi. Dan untuk memaksimalkan kentungan, maka perusahaan harus bisa melakukan penjualan dengan maksimal juga. Penjualan yang bisa membuat harga yang tinggi dengan biaya yang rendah. Sehingga perusahaan bisa mendapatkan keuntungan yang semakin banyak.

  1. Penetapan harga untuk merebut target pasar

Penetapan harga ini bertujuan untuk bersaing dengan kopetitor dalam rangka merebut pangsa pasar yang ada. Jika pasar cukup memperhitungakn soal harga, maka perusahaan bisa bersaing dalam hal ini adalah dengan memberikan harga yang lebih rendah sehingga akan memicu peningkatan penjualan produk atau jasa. Dan jika pasar sudah dikuasai maka harga dapat disesuaikan dengan tingkat laba yang diinginkan, yang mana harga dapat menutupi biaya variabel dan biaya tetap.

  1. Market Skimming Pricing

Ini adalah penetapan harga yang banyak dilakukan pada saat peluncuran produk baru yang memiliki  keunggulan lebih dibanding dengan produk lainnya. Penetapan harga tinggi yang dilakukan juga menyesuaikan dengan beberapa segmen pasar tertentu, sehingga perusahaan bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Dengan pemberian harga produk yang tinggi di awal peluncuran, maka perusahaan akan dapat membangun citra produk di mata pasar sebagai produk berkualitas.

  1. Penetapan laba untuk pendapatan maksimal

Penetapan laba ini dilakukan untuk membuat pendapatan revenue yang cukup. Sehingga kas akan cepat kembali. Dengan cara penetapan seperti ini makan perusahaan harus memperkirakan pemintaan dan biaya yang berhubungan dengan penetapan harga dan harus memilih harga yang bisa memberikan laba yang sesuai, dan juga menghasilkan kas dan pengembalian investasi.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry