Iklan online adalah salah satu media promosi yang dapat diposisikan sebagai salah satu media untuk branding atapun pengenalan produk terbaik saat ini. Hal yang membuat iklan online menjadi media pemasaran yang efektif dan spesial terbilang hampir sama dengan teknik promosi online yang lainnya yaitu jangkauan branding ataupun pengenalan produk pada audience yang masuk kategori luas.
Meskipun memasang iklan online bukanlah metode prmosi yang gratisan ataupun murah dan bahkan cenderung cukup mahal, namun banyak bisnis online yang telah membuktikan kekuatan dari iklan online ini dalam menarik perhatian. Salah satu jenis iklan online yang banyak difavoritkan oleh webmaster ataupun internet marketer dari suatu stratup adalah iklan berjenis PPC.
Untuk anda yang belum mengenal iklan online yang satu ini, PPC(Pay Per Click) adalah iklan bersponsor yang dapat berupa iklan baris text ataupun iklan gambar yang mengarahkan ke suatu situs terkait. Pada umumnya iklan ini diletakan di dekat mesin pencari suatu website atau blog, sehingga ketika iklan di klik maka pengunjung website atau blog akan diarahkan ke link situs lain terkait apa yang diiklankan. Di saat ada pengujung website atau blog yang mengklik iklan online ini, maka saat itu pengiklan harus membayar marketer yang melampirkan iklan terkait dengan bisnis atau produk yang anda jualkan.
Menggunakan iklan online seperti PPC(Pay Per Click) ini dapat memberikan dampak yang baik terhadap perkembangan penjualan ataupun visibilitas suatu website/ blog, namun hal tersebut dapat terjadi apabila anda mengikuti beberapa tips berikut ini:
Mengetahui produk yang ingin diiklankan
Anda selaku pebisnis online harus tahu secara mendetail mengenai produk yang akan anda tawarkan pada audience ataupun calon pelanggan, hal ini juga akan memudahkan pihak marketer dalam membuat iklan yang dapat mendorong perkembangan bisnis anda.
Menetapkan anggaran yang akan dikeluarkan
Anggaran adalah salah satu perhitungan utama dalam sebuah proses marketing ataupun promosi, memperkirakan anggaran dengan tepat ditujukan agar biaya anggaran yang dikeluarkan dapat memberikan hasil yang sebanding atau lebih bukannya malah tidak memberikan feedback positif pada produk yang dijual. Tetapkan anggaran yang anda sediakan untuk pemasangan iklan online ini secara bijak, terutama untuk iklan PPC yang dimana pengklik iklan belum tentu akan menjadi pembeli.
Menggunakan keyword yang tepat
Hampir sama dengan mempromosikan sebuah website atau blog melalui artikel dengan keyword tertentu agar visibilitasnya naik pada mesin pencari, anda juga membutuhkan keyword yang tepat untuk menjadi kata kunci iklan online yang anda gunakan. Risetlah keyword yang akan digunakan terlebih dahulu, poin yang harus diingat terkait pemilihan keyword adalah jangan membuat keyword yang bersifat umum, namun buatlah yang spesifik.