Cara untuk mengembangkan pemasaran hingga tingkat yang lebih luas dimulai dengan mengembangkan pemasaran di daerah sendiri. Cara ini lebih baik dibandingkan Anda terus mengembangkan ke pasar yang lebih luas, tapi produk Anda tidak dikenal di daerah sendiri. Meskipun jika Anda mengembangkan pemasaran dengan media sosial, sms, website, toko online atau email, maka pasar pertama yang harus dikembangkan adalah didaerah sendiri. Ini adalah titik awal untuk mengenalkan produk Anda ke semua daerah dan bahkan ke luar negeri.
Sponsor : website murah
Mengapa Anda Harus Memulai dari Pasar Lokal?
Mungkin Anda tidak pernah berpikir untuk memilih pasar lokal. Tapi lihat beberapa alasan untuk mengembangkan pasar lokal yang masuk akal ini. Simak dan perhatikan apa yang harus Anda kembangkan.
- Pasar lokal bisa menjadi titik menarik untuk mengembangkan produk sesuai dengan tujuan awal bisnis Anda. Anda bisa kembali melihat visi dan misi perusahaan yang Anda bangun.
- Pasar lokal bisa menciptakan pasar yang sangat baik termasuk dengan hubungan yang kuat dengan perusahaan Anda.
- Pasar lokal bisa menjadi cara untuk menunjukkan gerakan perusahaan Anda dan mereka yang akan menyebarkan produk hingga ke area yang lebih luas.
- Membina hubungan yang baik dengan pasar lokalbisa membantu mencapai target pasar yang lebih luas.
Strategi Paling Tepat untuk Mengembangkan Pasar Lokal
Ketika Anda ingin mengembangkan pasar lokal maka jadilah orang yang paling optimis. Anda harus berusaha untuk mencapai semua orang di pasar lokal dan menjadikan ini sebagai inspirasi untuk pasar yang lebih luas. Ini menjadi langkah pertama untuk mengembangkan produk Anda hingga dikenal ke negara lain. Berikut ini strategi atau langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk mencapai tujuan dari pemasaran lokal.
- Lihat, Apa yang Diinginkan oleh Pasar Anda?
Ketika Anda melihat pasar lokal maka Anda bisa membuat keputusan yang paling tepat. Anda memahami apa produk yang diinginkan oleh pasar dan bagaimana produk itu harus dibuat. Anda memahami karakter masyarakat termasuk apa yang diterima dan apa yang dilarang. Bahkan Anda bisa mengetahui dari berbagai aspek seperti bahasa, budaya, kebiasaan, usia, jenis kelamin, pendapatan, dan apa produk yang membuat pasar tertarik. Jika Anda menemukan ada banyak produk yang sama di pasar lokal, maka buat dengan spesifikasi yang berbeda. Anda harus menemukan apa saja yang membuat produk Anda spesial sehingga menarik konsumen.
- Pilih Aspek Paling Tepat untuk Berinteraksi dengan Pasar Lokal
Ketika Anda ingin mencapai daerah pemasaran yang lebih luas maka Anda harus melihat cara untuk mencapai hal itu. Salah satu aspeka yang sangat diperlukan adalah cara untuk mendekati konsumen. Misalnya jika Anda ingin memasarkan produk ke daerah dengan bahasa dan budaya yang berbeda, maka Anda harus mencari orang yang bisa memahami bahasa dan budaya tersebut.
Contoh paling nyata, misalnya Anda ingin menjual produk kerajinan asli Indonesia ke Inggris. Maka Anda harus menggunakan bahasa Inggris untuk mencapai pasar mereka dan mengetahui budaya seperti kebiasaan dan bagaimana cara mereka berbelanja. Anda tidak bisa menggunakan apa yang berlaku di Indonesia karena ini berbeda wilayah.
Sebuah penelitian pasar membuktikan jika Anda ingin sukses saat melakukan ekspansi pasar maka Anda membutuhkan pengalaman yang sangat banyak. Anda harus berkomitmen untuk mencapai hasil dengan melihat bagaimana konsumen menjadi pelaku utama dalam pasar Anda.
- Ketahui Apa Yang Dibutuhkan Pasar Lokal
Ketika Anda ingin mengembangkan pasar lokal maka Anda harus tahu apa yang diinginkan oleh konsumen. Terkadang beberapa produk yang dibuat mungkin tidak sesuai oleh pasar lokal sehingga Anda sama sekali tidak bisa melakukan ekspansi.
Seperti yang telah dijelaskan dalam diagram Maslow’s Hierarchy, Anda bisa melihat bahwa analisa kebutuhan konsumen akan menjadi hal paling menarik untuk mengembangkan pasar. Anda harus melihat apa yang dibutuhkan. Kebutuhan ini dipengaruhi oleh beberapa hal seperti kebutuhan dasar, kebutuhan yang bisa membuat lebih baik dan juga sifat manusia.
Perkuat Analisa Pasar Lokal dengan Alat
Untuk mengembangkan berbagai tehnik pemasaran ini Anda bisa mencoba menggunakan beberapa alat. Alat ini bisa diaplikasikan dengan baik, misalnya jika Anda menggunakan aplikasi, website atau toko online. Berikut beberapa alat yang bisa Anda gunakan.
- CDN dan hreflang Tag
Anda bisa menggunakan dua alat ini untuk melihat apa yang paling dibutuhkan oleh konsumen. Berikut penjelasan tentang CDN dan hreflang Tag
- CDN
Menggunakan CDN bisa membantu Anda mencapai pasar lokal di negara lain dengan cara yang lebih mudah. Anda bisa menerapkan ini jika menggunakan website dan toko online sebagai pasar langsung dengan konsumen. Pada dasarnya sistem ini menghubungkan antara server yang Anda buat di negara lain dan terhubung langsung dengan pasar lokal di negara lain. Link ini menjelaskan jika CDN bisa membantu website Anda mencapai banyak pasar lokal dan bisa menambah peluang website atau toko online Anda dilihat oleh banyak orang. CDN bahkan lebih menarik lagi karena bisa mengurangi pemakaian bandwidth di area pasar lokal.
- hreflang Tag
Ini adalah salah satu alat bantu yang digunakan dalam sistem Google. Pada dasarnya alat ini bisa membantu semua bahasa yang bisa terdeksi oleh bahasa yang digunakan oleh konsumen lokal. Ini membantu bahwa konsumen bisa memahami apa yang dilakukan oleh perusahaan dengan website Anda.
- Baliho
Anda tentu tidak asing dengan alat ini sebagai metode pemasaran. Bahkan baliho menjadi alat pemasaran yang menjangkau konsumen lebih luas dan lebih banyak. Dan sekarang Anda tidak perlu menerapkan jenis baliho nyata yang harus dicetak dan memerlukan ijin pemakaian. Anda bisa menggunakan aplikasi untuk membuat baliho yang dipasang di toko online atau website. Anda bisa membuatnya dalam waktu singkat dan sangat mudah.
Keuntungan menggunakan baliho sebagai alat pemasaran, diantaranya:
- Membantu konsumen melihat lebih cepat tentang produk yang Anda jual.
- Membantu konsumen bisa melihat iklan produk Anda dan mencapai target area pemasaran yang lebih tepat.
- Jika Anda memasangkan baliho pada website maka bisa membantu meningkatkan trek website Anda di halaman pertama pencarian dan meningkatkan lalu lintas website Anda.
- Membantu menghubungkan perusahaan Anda dengan kebutuhan konsumen di berbagai negara yang berbeda. Pada dasarnya ini cara mencapai pasar yang lebih luas dengan menggunakan website.
- Lakukan Survei Pemasaran
Untuk meluaskan pasar maka Anda juga harus melakukan survei. Survei bisa membantu Anda mendapatkan berbagai data-data penting seperti kebutuhan produk yang diinginkan pasar, respon pasar terhadap produk Anda dan berbagai kepentingan lain. Semua data ini harus dilaporkan dalam bentuk grafik sehingga mudah dipelajari. Anda bisa melihat grafik survei seperti dibawah ini dan pelajari apa yang bisa Anda dapatkan dengan aplikasi survei.
- Segmen Neilsen
Alat lain yang bisa Anda gunakan adalah dengan analisa segmen Neilsen. Ini adalah alat yang tepat untuk mengetahui pasar berdasarkan kebiasaan masyarakat setempat dan bagaimana efek tata letak negara. Keuntungan dengan alat ini, antaralain:
- Alat ini bisa membantu Anda menentukan strategi pemasaran yang paling masuk akal karena bisa membantu mengetahui kebiasaan masyarakat untuk berbelanja, penghasilan, penyebaran produk.
- Alat ini juga bisa membantu Anda mengembangkan pasar produk sesuai dengan kebiasaan dan gaya hidup konsumen di sebuah wilayah ekspansi.
- Sebuah kode pos yang digunakan untuk penilaian pasar membantu Anda mudah mencapai konsumen dengan prediksi yang paling tepat.
Tetapkan Tujuan Prioritas di Pasar Lokal
Bagian yang sangat penting untuk mengembangkan ekspansi pasar adalah melihat bahwa bisnis ini harus berjalan dan mencapai kesuksesan. Karena itu Anda harus menetapkan tujuan penting atau tujuan pokok dari ekspansi pasar. Strategi pemasaran tetap yang terpenting namun Anda harus mengetahui bagaimana cara dan aturan yang paling tepat untuk mengembangkan pasar sesuai dengan produk yang Anda buat.