Mengenal Facebook ads dan Tips Penggunaannya

983

Anda pastinya menyadari fakta bahwa media sosial adalah salah satu situs yang paling banyak dikunjungi oleh internet user setiap harinya, situs yang hadir dengan dominasi 2 warna yaitu warna biru dan putih ini merupakan situs berbagi infomasi personal ataupun jenis informasi lain yang dikenal dengan istilah status/news feed.

Bicara mengenai Facebook, dapat dikatakan sebagai sesuatu yang sangat menarik untuk dibahas dimana situs media sosial ini memiliki sejumlah fungsi lain selain sebagai personal journal terkait informasi personal yang dibagikan ataupun album photo yang memuat momen penting dalam hidup pemiliknya. Salah satu fungsi lain yang dimaksud sebelumnya adalah fungsi marketing dan juga fungsi branding/ memperkenalkan produk.

Mengingat sangat populernya situs jejaring sosial ini, tentu menggunakannya sebagai sarana promosi dan branding/ pengenalan produk adalah suatu cara yang sangat efektif sebagai langkah bisnis. Pada umumnya pebisnis yang melebarkan sayap promosinya ke area Facebook akan memulai langkah promosi/ branding/ pengenalan produknya dengan membuat fanpage dimana mereka dapat berbagi informasi mengenai produk / jasa yang ditawarkan kepada target konsumen. Namun tahukah anda bahwa terdapat cara yang lebih efisien terkait dengan promosi dan branding menggunakan Facebook ini?.

Cara yang dimaksud sebelumnya adalah dengan menggunakan fitur Facebook ads. Untuk anda yang masih sedikit asing dengan fitur ini, Facebook ads adalah sebuah fitur yang disediakan oleh Facebook untuk mempromosikan/ memperkenalkan produk/ jasa yang ditawarkan dengan pengaturan jangkauan pasar/ target pasar yang disesuaikan dengan pengguna.

Jangkauan pemasaran/ target pemasaran produk atau jasa yang ditawarkan pada umumnya dapat di-set atau diatur berdasarkan umur, minat hingga regional/ wilayah. Untuk anda yang mungkin ingin menggunakan fitur yang satu ini sebagai media promosi, berikut ini beberapa tips yang mungkin dapat membantu promosi anda:

Pemilihan ads
Ads memiliki beberapa jenis berbeda yaitu:
•pages likes
•post pages engagements
•click to website
•apps
•events
•website conversion

anda dapat memilih ads sesuai kebutuhan anda, contohnya apabila anda ingin jenis ads yang meningkatkan jumlah pages likes pada fanpage anda, anda dapat memilih ads jenis pages likes. Apabila anda ingin menghubungan website/ toko online anda ke iklan facebook, anda dapat menggunakan ads bertipe click to website.

Target pemasaran
Kebanyakan pebisnis onlien tidak tahu cara menentukan pasar yang baik, mereka hanya menargetkan konsumen secara umum. Hal ini jelas bukanlah langkah promosi yang optimal, cara yang paling tepat adalah mengelompokan target konsumen berdasarkan umur, wilayah juga hoby mereka.

Landing page Iklan
Ketika anda memutuskan menggunakan Facebook ads, anda sebaiknya mengeceka landing page iklan yang anda buat. Landing page sendiri yang ditujuakan dapat berupa fanpage, blog ataupun website.

0
0%
like
0
0%
love
5
100%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry