Teknologi dan internet mengalami perkembangan yang sangat pesat beberapa tahun ini. Dunia sudah berubah, gaya hidup masyarakat berubah. Bahkan untuk sekadar berbelanja saja masyarakat memiliki style tersendiri, yakni secara online. Memang besar, di era digital ini, orang-orang jadi jauh lebih senang berbelanja secara online. Untuk mengatasi keadaan ini anda bisa saja menggunakannya sebagai peluang untuk berbisnis. Tapi kadang orang-orang masih belum mengetahui apa nilai penting promosi online untuk bisnis.
Sponsor: aplikasi catering
Jika anda ingin tahu apa manfaatnya, simak penjelasan saya berikut ini:
• Penggunaan Internet Yang Pesat
Dari sebuah penelitian dan survey yang dilakukan sebuah lembaga international menatakan bahwa pada akhir tahun 2014, pengguna internet di dunia akan menyentuh angka 3 miliar orang. Dan sekarang 2017, kemungkinan jumlah itu sudah bertambah beberapa kali lipat. Tidak hanya penggunaan internet berskala dunia yang meningkat. Di Indonesia sendiri pengguna internet baik dari media mobile atau desktop juga bertambah sangat pesat dan diperkirakan mencapai lebih dari 90 juta jiwa.
Dengan kondisi seperti ini maka peluang untuk melakukan gerak pemasaran di rana online menjadi sangat potensial. Dimana masyarakat tidak hanya ada di dunia nyata saja, tapi juga di dunia maya. Tentu anda tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini bukan?
• Biaya Sangat Rendah
Meskipun biayanya sangat murah, jangan berpikir dampaknya akan kecil, tapi malah sebaliknya. Dengan biaya rendah anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Jika anda menyewa gerai di mall, dalam satu bulan bisa mencapai 5-10 juta. Tapi jika di rana online, anda paling besar akan mengeluarkan hanya 500 ribu untuk biaya promosi. Tapi ini tergantung juga dengan target anda. Tapi semahal-mahalnya promo online, tapi masih lebih murah daripada promo offline. Dan dampak yang akan diterima juga tentunya sangat besar.
• Konsumen Online
Nilai penting melakukan promosi atau pemasaran bisnis secara online ini sangat dipengaruhi oleh konsumen. Di era digital dimana teknologi sangat mendukung konsumen untuk berbelanja atau membeli produk lewat jalur online membuat sebagian besar konsumen juga mengalami perubahan gaya berbelanja. Mereka yang sebelumnya berbelanja dengan pergi ke toko, ke mall dan pasar, kini beralih menjadi berbelanja dari rumah, dimana mereka hanya tinggal mengakses smartphone atau laptop dan kemudian pergi ke situs-situs seperti OLX, tokopedia, bukalapak dll.
Dengan beralihnya para konsumen dari gaya belanja offline ke online, maka penjual juga sebaiknya turut membuka lapaknya di jalur online juga. Karena jika tidak maka kemungkinan besar anda akan ketinggalan kereta dan dikalahkan oleh para pesaing lainnya.
• Aktif Kapan pun
Dunia maya itu tidak pernah tidur. Anda bisa saja berjualan selama 24 jam dan tetap ramai di dunia maya. Berbeda dengan dunia nyata, semisal anda jualan di mall, maka pada jam-jam tertentu mall akan sepi bahkan tutup. Tapi di dunia online, hal itu tidak berlaku, karena itulah hal ini menjadi keuntungan dan keunggulan dari berbisnis di dunia online. Dimana pun dan kapan pun seorang konsumen ingin membeli produk anda, maka toko atau tempat pemasaran anda di website dll akan selalu buka dan tampil nonstop, sehingga bisa selalu diakses oleh para konsumen.
• Jangkauan Tak Terbatas
Internet adalah penemuan hebat abad ini, karena satu orang bisa terhubung ke seluruh penjuru dunia hanya dengan duduk di dalam kamarnya! Jika anda melakukan pemasaran secara online, maka siapa pun di dunia ini bisa melihat dan mengetahui produk anda. Tentu sangat berbeda dengan pemasaran offline yang memiliki batas dimensi ruang. Sehingga cara ini sangat efektif dan efisien untuk melakukan promosi.