Apakah Anda pernah menemukan sebuah toko online yang menerapkan promosi menarik dengan gratis biaya pengiriman? Awalnya tehnik ini dianggap sebagai cara penjualan yang tidak masuk akal. Bahkan konsumen awalnya juga berpikir bahwa mungkin saja itu produk palsu. Beberapa pelanggan mengatakan kemungkinan ini hanya cara untuk menarik pelanggan tapi tidak menawarkan pelayanan yang baik. Dan semua pemikiran ini ternyata tidak benar. Sebuah pasar online yang menawarkan ongkos kirim gratis memang bekerja keras untuk menarik pelanggan. Bahkan juga meningkatkan rating dalam pencarian halaman situs lewat internet. Dan dibawah ini merupakan alasan mengapa banyak toko online mulai menawarkan gratis ongkos kirim.
Sponsor: jasa website
1. Mendorong pelanggan membeli dalam jumlah banyak
Pada dasarnya biaya pengiriman gratis tidak diberikan dengan mudah oleh pemilik toko online. Mereka juga membuat syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh pelanggan. Misalnya adalah jika Anda membeli dalam jumlah nominal tertentu maka Anda bisa mendapatkan gratis ongkir. Perhitungan oleh pemilik toko online adalah bahwa mereka sebenarnya mereka sudah mendapatkan keuntungan dari transaksi tersebut. Dan ongkos kirim yang gratis sebenarnya tidak berpengaruh banyak untuk pengurangan keuntungan.
2. Menjadi penguasa persaingan pasar online
Ketika pemilik bisnis online menawarkan sebuah ongkos gratis maka tingkat pembelian mereka bisa meningkat dengan cepat. Mengapa bisa seperti ini? karena persaingan pasar yang tinggi sering menyebabkan konsumen sulit menentukan toko mana yang harus dikunjungi. Gratis pengiriman bisa menjadi cara ampuh untuk memenangkan persaingan. Cara ini bahkan sudah diterapkan oleh situs belanja seperti Amazon. Mereka telah memulainya sejak tahun 2002. Dan hasilnya pasar mereka menang dan menjatuhkan lawan dengan cepat.
3. Keuntungan besar dari pelanggan online
Jika diperhitungkan sebenarnya keuntungan yang didapatkan oleh toko online sangat besar dengan sistem promosi gratis ongkos kirim. Cara ini mendatangkan pelanggan yang sangat besar. Perhitungan awal mungkin keuntungan mereka kalah dari toko online yang menerapkan sistem berbayar untuk ongkos kirim. Kemudian setelah beberapa lama jumlah keuntungan itu berbalik. Banyak pelanggan yang pindah ke toko online dengan sistem gratis ongkos kirim. Kemudian dari sistem ini maka keuntungan mereka menjadi sangat besar.
4. Celah harga yang sangat kecil
Sebenarnya jika Anda membandingkan beberapa toko online yang menjual produk yang sama, maka Anda harus membuat perbandingkan. Jumlah harga yang dibayarkan dari toko online dengan ongkos kirim berbayar dan gratis memang selisih, namun selisihnya sangat sedikit. Kemudian jika Anda melihat maka harga dan ongkos kirim yang digabungkan dari toko online dengan sistem ongkos kirim berbayar ternyata jumlahnya tetap lebih besar. Jadi bagaimanapun ini tetap menguntungkan dan membuat konsumen masuk ke pasar Anda.
Melakukan sistem ongkos kirim gratis memang bisa mendatangkan keuntungan yang sangat besar. Tapi ketika Anda ingin memulai sistem ini maka harus dilakukan dengan cermat. Termasuk untuk perhitungan keuntungan dan target pasar yang ingin diraih dalam waktu dekat.