Langkah yang perlu dilakukan untuk membuat program promosi

881
untuk membuat program promosi

untuk membuat program promosi ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh seorang wirausahawan. Program promosi penjualan adalah salah satu aktivitas promosi yang dilakukan dengan tujuan untuk mendorong agar agar pasar atau target pasar mencoba atau membeli suatu produk atau jasa yang disediakan perusahaan. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk melakukan promosi, secara kasarnya bisa dilakukan dengan melakukan atau memberikan diskon besar-besaran, pemberian kupon belanja, pemberian hadiah langsung, atau memberikan sample dengan gratisd kepada calon pembeli.

untuk membuat program promosi

Sponsor : jasa desain website

Para pemasar yang ada di perusahaan harus membuat program Promosi Penjualan dengan dipertimbangan yang matang dan hal ini harus dilakukan sejak awal, sehingga akan membantu untuk penjualan produk dan juga dapat dijalankan dengan lancar dan efektif.

Di bawah ini akan kami jelaskan secara singkat langkah membuat program promosi :

  1. nilai besarnya insentif

Nilai besarnya insentif akan sangat mempengaruhi respons penjualan. Karena semakin tinggi insentif yang diberikan, maka kemungkinan akan bisa meningkatkan minat dari calon konsumen untuk membeli suatu produk yang ditawarkan. Tapi hal ini (semakin tinggi insentif yang diberikan) maka sudah tentu  akan membuat biaya yang dikeluarkan perusahaan juga semakin besar. Contoh ketika memberikan diskon 80% dan sebagainya.

  1. syarat-syarat partisipasi

Untuk menyasar segmen pasar yang spesifik, maka anda bisa membuat atau menentukan syarat-syarat partisipasi atau juga membatasi jumlah dari partisipan yang bisa menikmati insentif promosi penjualan yang disediakan. Contoh dari insentif itu adalah seperti “Gratis Pulsa 10rb Setiap Pembelian 100rb”, “Buy 2 Disc10% – Buy 3 Disc30%”, “Diskon 50% untuk mahasiswadan berbagai strategi pemasaran lainnya.

  1. durasi waktu promosi

Menentukan lama waktu atau durasi dari program  promosi juga penting untuk dilakukan,

Karena jika durasi waktu promosi penjualan yang dilakukan terlalu singkat maka akan menarik sedikit konsumen yang bisa mengambil keuntungan dari program itu, dan sebaliknya jika promosi penjualan yang dilakukan terlalu lama, maka hal ini akan membuat hilangnya daya tarik untuk menarik minat konsumen.

  1. sarana distribusi untuk promosi

Ini adalah cara untuk memberikan insentif kepada konsumen. Hal yang bisa dilakukan ada banyak, seperti melalui kupon yang dibagikan lewat kemasan produk, kemudian bisa juga dengan dimasukkan dalam kemasan, kemudian bisa juga dengan mendorong agar konsumen datang langsung ke toko untuk dapat menikmati insentif.

  1. waktu yang tepat

Momentum untuk melakukan promosi juga penting, waktu yang tepat bisa untuk menjual produk yang tepat. misalnya memberi diskon saat menjelang hari lebaran dan hari natal untuk penjualan pakaian dan makanan yang disesuaikan dengan momentum.

  1. anggaran promosi penjualan

Selanjutnya anggaran untuk promosi juga bisa dilakukan untuk mengetahui dengan pasti berbagai biaya yang perlu dikeluarkan perusahaan untuk program promosi penjualan. Menentukan besaran biaya ini bisa dihitung dari program yang dilakukan seperti besarnya insentif, sarana promosi, durasi waktu, jangkauan distribusi dan variabel lainnya.

2
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry