Ponsel pintar telah mengambil konsumen lebih banyak dibandingkan pada pasar dengan model toko atau supermarket. Kebebasan membeli sebuah produk atau memilih jasa dengan aplikasi membuat semua konsumen merasa lebih nyaman. Mereka tidak harus berhadapan dengan petugas atau pelayan toko yang terkadang kurang ramah. Dan konsumen juga merasa lebih bebas memilih produk atau jasa karena tidak ada intervensi dari siapapun. Semua bebas dan mendorong penghasilan pemilik situs e-commerce atau bursa online mendapatkan keuntungan yang besar. Namun penggunaan aplikasi lewat ponsel juga bisa menyebabkan dampak yang buruk, seperti investasi gagal yang tidak meningkatkan keuntungan.
Sponsor: jasa pembuatan website toko online
Berikut ini beberapa kesalahan pada aplikasi mobile yang sering membuat konsumen meninggalkan toko Anda.
1. Aplikasi yang tidak responsif
Ketika konsumen sudah menginstal aplikasi situs belanja Anda maka mereka berharap bisa menggunakan aplikasi ini dengan mudah. Mereka mengharapkan mendapatkan komunikasi dua arah yang menguntungkan dalam semua proses transaksi. Tapi jika aplikasi Anda hanya menyita ruang memori ponsel, tidak memiliki panduan yang jelas, tidak ada komunikasi dua arah dan berjalan lambat maka Anda harus bersiap untuk ditinggalkan. Karena itu pastikan Anda menguji aplikasi sebelum benar-benar dikirimkan untuk konsumen.
2. Versi aplikasi yang tidak ramah untuk ponsel
Aplikasi untuk ponsel harus dibuat berbeda dengan aplikasi pada dekstop komputer. Jika Anda membuat aplikasi yang sama maka konsumen akan marah. Mereka merasa sulit untuk menggeser ruang ke kanan, kiri, atas atau bawah. Semua proses pencarian menjadi sangat sulit dan hanya membuang waktu. Jadi pastikan Anda membuat aplikasi dengan bentuk yang disesuaikan untuk kapasitas ponsel. Anda harus menjalankan sistem navigasi yang mudah untuk dijalankan.
3. Aplikasi tiruan yang membosankan
Banyak model pengembangan aplikasi yang mudah dan Anda bisa gunakan dengan cepat. Namun konsumen rata-rata melihat kepercayaan dari cara kerja aplikasi yang Anda buat. Karena itu pastikan Anda membangun aplikasi asli yang unik serta menggambarkan visi dan misi toko Anda. Anda tidak perlu bekerja keras karena bisa menggunakan jasa pembuatan aplikasi yang sudah berpengalaman. Mereka bisa membuat aplikasi dengan tema dan konsep yang seperti Anda inginkan. Dan tentu saja aplikasi ini asli dan sudah harus melewati proses pengujian.
4. Tidak menetapkan rencana pembuatan aplikasi
Banyak aplikasi belanja yang muncul untuk layanan ponsel Android atau model lain. Namun tidak semua aplikasi belanja ini mudah dijalankan. Pada dasarnya kesalahan yang sering terjadi adalah ketika aplikasi dibuat tanpa rencana dan pengujian yang jelas. Aplikasi seperti ini akan membuat situs yang tidak efektif. Semua tombol untuk pelayanan tidak terlihat lengkap. Bedakan dengan beberapa aplikasi belanja yang memang dibuat dengan rencana yang baik dan tentu melewati proses percobaan yang detail.
Kesalahan dalam membuat aplikasi mobile khusus untuk belanja ini sebenarnya bisa dihindari. Anda bisa mencoba untuk melakukan penelitian sebelum membuat konsep aplikasi. Selain itu bekerjasama dengan jasa pembuatan situs atau aplikasi akan menambah ide-ide terbaik untuk pekerjaan toko online dan situs e-commerce Anda.