Layanan sebuah produk atau jasa memang membutuhkan kepuasan pelanggan. Namun banyak layanan e-commerce atau bisnis online yang sering kehilangan pelanggan dalam waktu cepat. Masalah ini bisa berhubungan dengan tingkat kepuasan yang rendah sehingga bisa menurunkan pasar. Dan ketika Anda masuk ke pasar yang besar maka persaingan bisa menjadi lebih kuat. Masalah kepuasan pelanggan tidak hanya berhubungan dengan produk dan jasa yang mereka gunakan, tapi juga bagaimana sikap Anda terhadap pelangga. Dan adakah kunci yang lain untuk mengetahui apakah pelanggan puas dengan yang Anda berikan. Berikut ini cara mengetahui tingkat kepuasan pelanggan.
Sponsor: buat website toko online murah
1. Komunikasi dengan pelanggan setelah transaksi
Anda bisa menerapkan sebuah sistem yang menerangkan jika pelanggan Anda telah menerima layanan produk dan jasa dengan baik. Sehingga Anda tahu bahwa saat itu semua hal yang dibutuhkan oleh pelanggan sudah Anda berikan sesuai dengan transaksi awal. Dan untuk mengetahui apakah pelanggan merasa puas atau tidak maka lakukan komunikasi. Ada berbagai layanan yang bisa Anda gunakan termasuk layanan pesan seperti BBM, WA, atau email. Hargai setiap imbal balik yang diberikan oleh pelanggan dan jika hasilnya buruk, maka jangan segan untuk meminta maaf.
2. Berikan hadiah kecil sebagai ucapan terima kasih
Jika pelanggan puas maka mereka biasanya akan menghubungi dengan jasa atau produk yang Anda jual. Namun jika pelanggan tidak puas maka mereka bisa pergi dengan mudah. Untuk menjaga hubungan yang baik dengan konsumen maka Anda bisa memberikan sebuah bonus kecil. Bonus kecil ini bisa berupa pemberian diskon untuk transaksi berikutnya, kupon untuk pengurangan harga dan juga sebuah layanan pengganti jika sebelumnya kurang memuaskan. Cara ringan ini biasanya bisa membuat konsumen kembali kepada Anda.
3. Lakukan survei
Survei sangat penting untuk mengetahui apakah pelanggan puas dengan layanan dan produk Anda. Anda bisa meminta waktu sedikit kepada pelanggan untuk mengikuti survei itu. Cara ini bisa dilakukan sesaat setelah transaksi atau beberapa waktu setelahnya. Anda bisa mencoba beberapa cara untuk survei seperti dengan email, layanan telepon langsung atau dengan layanan pesan. Ingat untuk selalu meminta waktu kepada pelanggan sebelum survei dilakukan.
4. Lihat dari testimoni atau ulasan pelanggan
Kemudian cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan melihat semua ulasan yang sudah diberikan pelanggan. Cara ini sangat mudah karena Anda bisa langsung menerapkan aplikasi pada layanan toko online. Ulasan yang bersifat jujur dari konsumen sangat penting karena bisa membantu Anda memutuskan berbagai layanan atau strategi pemasaran. Jangan takut jika ada konsumen dengan ulasan yang buruk, karena itu adalah pendapat jujur mereka. Dan pastikan Anda menerapkan akun khusus dari halaman pelanggan.
Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengetahui kepuasan pelanggan. Ingat bahwa ini adalah salah satu hal yang harus dilakukan jika Anda ingin berkembang dengan bisnis Anda. Pastikan Anda bisa mengukur tingkat kepuasan pelanggan dengan cara yang paling mudah dan efisien.