Menggunakan media sosial untuk mengembangkan bisnis memang dapat dikatakan sebagai salah satu cara yang paling efektif, baik untuk bisnis skala kecil ataupun besar. Dengan menggunakan media sosial yang pasalnya merupakan situs yang sangat banyak dikunjungi oleh internet user, anda akan berpeluang besar untuk menarik pelanggan baru ke bisnis anda.
Sponsor: jasa pembuatan website
Untuk mengembangkan bisnis menggunakan media sosial, kemampuan promosi bukanlah satu satunya yang harus anda ketahui. Anda juga harus dapat menggunakan media sosial bisnis anda sebagai customer service yang dapat menuntut pelanggan lama maupun baru. Berkaitan dengan hal ini, banyak yang mempertanyakan mengapa media sosial dipergunakan untuk customer service?. Penggunaan media sosial untuk customer service sebenarnya didasarkan pada beberapa alasan berikut:
Komunikasi dengan fast respond
Salah satu alasan mengapa media sosial sangat cocok dipergunakan untuk customer service adalah mungkinnya komunikasi fast respond yang dibangun. Dengan menggunakan media sosial sebagai untuk customer service, maka pelanggan akan dapat mendapatkan respond yang lebih cepat. Dimana ketika pelanggan memposting pertanyaan melalui media sosial entah, entah dengan mempostingnya di wall facebook atau me-mention nya di twiiter, admin akan dapat langsung memberikan respond secara langsung terhadap pertanyaan atau keluhan mereka.
Membangun personal interraction
Alasan lainnya yang membuat media sosial cocok digunakan untuk customer service adalah potensinya dalam membangun personal interaction. Salah satu yang diinginkan oleh pelanggan adalah interaksi personal antara manusia dengan manusia, hal tersebutlah yang membuat media sosial menjadi pilihan yang amat tepat berkaitan dengan customer service. Social media akan dapat memberikan pengalaman interaksi yang lebih personal antara manusia.
Percakapan dan juga komunikasi yang transparant
Masih berkisar mengenai mengapa media sosial adalah pilihan yang baik untuk customer service, alasan selanjutnya berkaitan dengan hal tersebut adalah media sosial membuat percakapan admin dan juga pelanggan menjadi lebih transparent. Dengan membangun percakapan yang dapat dilihat oleh public di media sosial, maka pelanggan yang mengirimkan keluhan ataupun memiliki pertanyaan akan menjadi didukung dikarenakan pertanyaan atau keluhannya dapat dilihat oleh publik. Selain itu, hal ini juga dapat memberikan dampak postif lain pada bisnis anda, dimana pelanggan potensial akan dapat mengamati cara admin/ bisnis anda untuk meng-handle customer/ pelanggan.
Dapat mendukung proses branding
Menggunakan media sosial untuk customer service juga dapat membantu branding atau bisnis yang anda jalankan. Setiap pertanyaan ataupun keluhan yang disampaikan melalui media sosial kepada admin customer service, tentu akan membuat brand atau produk anda menjadi lebih sering disebut. Hal tersebut berarti bahwa engagement dari postingan anda juga dapat meningkat, hal tersebut juga dapat membuat visibilitas fanpage anda menjadi lebih baik.