Anda tahu bahwa semua orang yang terbiasa berbelanja secara online mengandalkan sebuah surat pemberitahuan. Ini adalah sebuah cara untuk memberitahu kepada semua pelanggan toko online Anda tentang produk dan penawaran harga yang paling menarik. Tehnik ini biasa digunakan saat perayaan hari tertentu dengan memberikan diskon khusus. Biasanya pelanggan yang telah terdaftar dengan surat langganan mengharapkan penawaran harga terbaik. Tapi tehnik ini tidak selalu berhasil dan Anda harus bekerja keras untuk meningkatkan jumlah pelanggan. Berikut ini ada 5 tips cerdas untuk selalu mendapatkan pelanggan dengan email langganan.
Sponsor : buat website
1. Sarankan sebuah produk yang tepat untuk pelanggan
Jika Anda memiliki daftar pelanggan potensial yang telah menjadi pelanggan tetap,tentu mereka akan sangat loyal dengan toko Anda. Anda harus mengutamakan mereka sebagai pasar utama. Anda bisa mengirimkan sebuah penawaran produk yang paling tepat dan lakukan tehnik ini setiap minggu. Dari penawaran ini mungkin Anda bisa menyaring pelanggan yang tertarik atau sedang membutuhkan produk yang Anda jual. Berikut trik untuk melakukan penawaran sesuai produk yang diinginkan pelanggan.
– Pilih format email yang paling menarik
Ada banyak jenis surat pelanggan yang bisa Anda gunakan. Anda bisa mendapatkan tema yang paling sesuai dengan produk yang Anda jual. Dari tema ini pelanggan bisa mengetahui bahwa Anda memang bergerak dalam bidang ini. Anda bisa menggunakan berbagai jenis bentuk surat seperti dengan klik disini atau disini.
– Tentukan bidang Anda
Kemudian jangan lupa untuk menentukan bahwa toko online Anda harus memimpin dalam hal apa. Ini adalah cara menjadikan toko online Anda bergerak khusus dan semua pelanggan mengetahui itu. Dari proses survei pasar Anda bisa menetapkan tujuan ini. Anda harus memanfaatkan sisi paling potensial dari toko online Anda. Jangan lupa untuk menggunakan data aktifitas, email pembelian dan semua data yang berhubungan dengan bisnis Anda. Segmen pasar adalah bagian penting dalam pengembangan toko online.
2. Terus kirimkan email untuk pelanggan
Tidak selamanya pelanggan akan membutuhkan produk yang Anda jual. Sehingga kemungkinan pelanggan hanya melihat toko online Anda sesekali saja. Biasanya pelanggan hanya melihat toko online ketika mereka sedang membutuhkan barang. Dengan pengaruh ini maka Anda harus menjadi toko pertama yang memberikan penawaran menarik. Anda bisa terus mengirimkan surat pelanggan dengan email. Sehingga ketika pelanggan membutuhkan sebuah produk, maka mereka tahu harus mengunjungi toko online Anda.
3. Ciptakan kesan bahwa produk yang Anda jual akan segera habis
Memberi tahu pelanggan bahwa sebuah produk yang dijual akan segera habis adalah tehnik yang snagat tepat. Biasanya tehnik ini banyak digunakan untuk mempromosikan tiket pesawat terbang atau jenis tiket transportasi lain, kamar hotel dan berbagai produk jasa maupun produk barang. Memberitahu email pelanggan bahwa kemungkinan ini adalah harga terbaik dan tidak banyak produk yang tersisa akan membuat pelanggan tertarik untuk segera membeli produk yang Anda jual. Berikan keterangan bahwa Anda benar-benar tidak memiliki persediaan untuk barang atau jasa yang menjadi target bisnis Anda.
4. Buat kesan yang baik dengan semua pelanggan
Masalah lain yang selalu dihadapi oleh toko online adalah ditinggalkan oleh pelanggan. Para pelanggan yang sudah terbiasa menerima email pelanggan mungkin akan keluar dari keanggotaan. Ini menyebabkan toko online Anda tidak bisa melakukan promosi lagi. Anda mungkin akan merasa kecewa karena beberapa pelanggan telah pergi. Namun Anda jangan pernah merasa sakit hati. Justru ini saat yang tepat untuk mengirimkan email pemberitahuan kepada pelanggan. Katakan bahwa Anda menawarkan sebuah promosi yang menarik dan tarik kembali pelanggan agar segera berkunjung ke toko online Anda.
5. Tingkatkan jumlah pelanggan dengan promosi
Cara untuk meningkatkan penghasilan toko online adalah dengan menjual banyak produk. Tapi tidak mudah untuk bisa melakukan tehnik ini dengan tepat. Sekarang Anda akan bersaing dengan semua toko online yang menjual produk yang sama dengan harga yang sangat bersaing. Jadi hal yang bisa Anda lakukan adalah terus melakukan promosi dengan baik. Berikan surat pelanggan meskipun penerima email itu mungkin tidak melihatnya sekarang. Tapi saat mereka membutuhkan produk yang Anda jual, mereka akan ingat dimana toko yang menawarkan itu. Dengan cara ini maka toko online Anda bisa mendapatkan kunjungan pelanggan dengan jumlah yang terus meningkat.
Jadi kesimpulannya adalah bahwa membina hubungan spesial dengan pelanggan menjadi sangat penting. Anda seolah-olah harus membuat kesan bahwa toko Anda memang terus menganggap pelanggan spesial dan berhak dengan penawaran terbaik pada waktu-waktu tertentu. 5 Cara ini tentu tidak akan cukup untuk meningkatkan jumlah pelangga. Jadi jangan menyerah untuk terus belajar.