Pandemi makin menyebar, WFH kini jadi solusi. Pada masa force majeure seperti ini, banyak perusahaan menetapkan kebijakan baru pada karyawan nya agar tetap dapat bekerja dengan produktif meski tak langsung datang ke kantor. WFH atau Work From Home adalah suatu aktifitas dan kebijakan yang diadakan perusahaan pada kondisi tertentu. Ketika bekerja dari rumah, karyawan tidak datang ke kantor, gudang, atau toko. Mereka mengerjakan semua pekerjaan nya dari rumah. Ditengah penyebaran wabah seperti sekarang ini, mulai banyak perusahaan yang mempekerjakan karyawan nya dari rumah guna mencegah penyebaran virus.
Pada masa seperti ini, banyak sekali bidang pekerjaan yang bisa dikerjakan dirumah, mulai dari tim marketing, content, graphic design, hingga tim akuntan. Hal ini dikarenakan pekerjaan mereka yang bersifat bisa mobile. Seperti bidang graphic design, dengan sebuah laptop yang mumpuni saja, ia bisa mengerjakan pekerjaan kantor nya dari rumah, begitu pula dengan bidang pekerjaan yang saya sebutkan diatas. Beberapa bahkan tak membutuhkan perangkat elektronik canggih macam laptop atau PC, ada dari mereka yang hanya perlu berfokus pada telefon dan selembar kertas seperti telemarketing.
Namun tak semua bidang pekerjaan bisa dikerjakan dari rumah. Beberapa perusahaan membutuhkan kehadiran fisik karyawan nya di kantor agar operasional nya tetap berjalan. Seperti buruh pabrik, pegawai bank, atau pramuniaga pada sebuah toko. Karyawan nya harus tetap hadir ke tempat kerja karena bidang pekerjaan nya yang bersifat fisik dan ada output nya. Seperti pramuniaga yang melayani konsumen ketika masuk dalam toko, kemudian buruh pabrik yang bekerja dan menciptakan sesuatu. Namun beberapa bidang membutuhkan kemandirian seseorang untuk bekerja. Ambil contoh adalah ojek daring, yang harus bekerja keluar rumah atau mereka tak akan dapat penghasilan.
Namun pada sejarah singkat nya, dahulu istilah WFH bukan lah hal yang populer. Keterbatasan teknologi pada masa itu menjadikan hampir semua bidang pekerjaan membutuhkan karyawan nya untuk berada di kantor dari pagi hingga sore atau malam. Salah satu bidang pekerjaan yang kala itu mampu dikerjakan di rumah adalah telemarketing. Dengan perangkat kerja dokumen dan telefon, ia bisa mengerjakan pekerjaan nya diluar kantor. Bekerja dari rumah ini mulai populer di sekitaran tahun 1970.
Jadi, jika anda membaca artikel ini dan kini anda tengah berada dirumah untuk bekerja karena kebijakan perusahaan, saya akan berikan sedikit tips yang mungkin berguna untuk anda. Pada masa bekerja dari rumah dizaman sekarang ini, kita sangat bergantung pada teknologi. Semua teknnologi yang kita miliki akan mempengaruhi kinerja kerja kita selama berada di rumah. Lantas, hal-hal dan aspek apa saja yang perlu kita persiapkan ketika bekerja dirumah?
Sebelum memulai bekerja dari rumah, hal yang perlu disiapkan adalah asset. Aset seperti apa? Bila anda adalah seorang graphic design, tim content, maupun tim marketing, hal yang perlu anda lakukan pertama adalah mengambil semua asset dan data yang diperlukan dari PC / laptop kantor anda, pindahkan semua file tersebut ke flashdisk atau harddisk. Hal ini perlu dilakukan karena anda akan membutuhkan resource yang biasa anda gunakan di PC kantor, dan dikerjakan dirumah. Selain itu, pastikan kamu membawa inventaris kantor yang dibutuhkan, semisal kamu akan membawa sebuah dokumen penting untuk dikerjakan dirumah, pastikan kamu membawa nya dan lapor pada atasan atau rekan satu tim mu.
Lalu sebelum mulai bekerja, ada 5 rekomendasi aplikasi yang akan sangat membantu anda ketika bekerja:
1.Zoom / Google Hangout
Salah satu aplikasi yang wajib kamu miliki. Karena keterbatasan fisik yang memungkinkan anda dan rekan kerja tidak bisa saling bertemu. Anda bisa menjadwalkan meeting bersama rekan melalui fitur conference call meeting bersama mereka.
- Google Office / Microsoft Office
Salah satu aplikasi wajib jika pekerjaan kamu berhubungan erat dengan penulisan, membuat dan menghitung data.
- Browser
Sudah banyak pilihan browser yang bisa kamu pilih di masa seperti sekarang, mulai dari Google Chrome, Mozilla, hingga Opera. Gunakan browser ini sebagai alat riset jika dibutuhkan, atau gunakan sebagai sarana entertainment ringan.
- Slack
Adalah aplikasi sosial media yang bisa kamu gunakan bersama rekan kerja anda. Dengan membuat akun dan membuat grup chat sendiri, anda dan rekan kerja dapat membagikan segala hal termasuk yang berkaitan dengan pekerjaan melalui sosial media ini.
- Sticky Note
Jika tak memungkinkan untuk menulis di secarik kertas, sticky note kini sudah tersedia di PC / Laptop. Penggunaan nya pun cukup simpel, bahkan lebih mudah digunakan dibanding dengan sticky note tradisional.
Setelah memahami segala aspek internal seperti aplikasi yang dapat menunjang aktifitas kerja anda, kini saat nya masuk ke aspek eksternal. Aspek ini cukup berhubungan dengan pekerjaan mu meski tak secara langsung, namun efek nya akan berguna bagi kinerja sehari-hari.
Alasan utama kenapa bekerja dari rumah belakangan sedang ramai adalah karena adanya wabah Corona yang kini sudah mulai serius penyebaran nya di Indonesia. Oleh karena itu, selama bekerja dari rumah, salah satu benda penting yang harus ada di sekitar anda adalah air putih. Banyak mengkonsumsi air putih baik untuk tubuh, dengan begitu, racun dan virus yang mungkin ada dalam tubuh akan terbawa air, lalu keluar ketika anda buang air kecil. Meski terlihat sepele, hal ini cukup perlu anda pertimbangkan. Selain itu, persiapkan juga meja dan kursi yang nyaman agar kinerja anda sesuai atau sama dengan ketika anda berada dikantor. Ingat, bekerja dari rumah bukan libur, bersyukurlah ketika perusahaan masih mempekerjakan anda dengan layak walau hanya dari rumah. Teman-teman diluar sana yang kurang beruntung, terpaksa menganggur karena pemutusan hubungan kerja akibat perusahaan yang tak kuat.
Mulai jaga diri dan rutin berolahraga selama masa WFH ini. Berjemur selama 10 menit di pukul 10 pagi akan membantu meningkatkan imunitas diri agar terhindar dari virus Corona.
Sponsor Service ac