Media sosial memang adalah salah satu sarana yang paling efektif untuk media marketing ataupun promosi suatu bisnis dan juga produk. Biaya promosi yang masuk kategori murah namun dengan segmen pasar yang luas adalah beberapa poin plus yang membuat media sosial menjadi salah satu senjata marketing nomor satu untuk meningkatkan angka penjualan ataupun popularitas suatu produk(branding). Salah satu media sosial yang terbilang ramai digunakan sebagai alat promosi tentu adalah facebook.
Sponsor : jasa buat website
Facebook hingga sekarang masih menjadi media sosial yang paling sering digunakan didunia, setiap harinya terdapat jutaan atau lebih internet user yang mengakses situs yang memiliki background biru dan putih ini. Tingginya kunjungan ke situs facebook ini, menunjukan besarnya jumlah audience atau target marketing yang dapat dibidik oleh pebisnis online yang menggunakan facebook sebagai media promosinya.
Untuk menggunakan facebook sebagai sarana marketing, branding ataupun promosi, umumnya cara yang paling sering diguanakan adalah dengan membuat akun khusus yang dijadikan profile perusahaan atau bisnis yang dijalankan. Membuat fanpage juga adalah salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menggunakan facebook guna mempromosikan/branding suatu produk/bisnis. Untuk memaksimalkan promosi dari facebook ini, para marketer atau pebisnis juga biasanya juga menggunakan layanan facebook ads untuk mempromosikan status, foto ataupun video yang berisi materi komersial promosi bisnis anda.
Meskipun diklaim sebagai media sosial yang dapat memberikan impact besar pada angka penjualan apabila digunakan untuk berpromosi, namun tidak sedikit pebisnis yang merasa kecewa lantaran promosi atau branding yang dilakukan melalui media sosial ini tidak terlalu memberikan dampak positif bagi bisnis mereka. Mengapa hal tersebut dapat terjadi?.
Jika ditanya mengapa hal tersebut dapat terjadi, besar kemungkinan hal tersebut berkaitan dengan timing posting di facebook yang tidak kurang tepat. Melakukan promosi bisnis ataupun produk melalui postingan di facebook bukanlah hal yang dapat dilakukan pada waktu yang sembarangan. Sembarangan dalam melakukan posting komersil atau promosi pada waktu yang kiranya tidak potensif tidak akan memberikan dampak yang besar pada angka penjualan produk ataupun perkembangan suatu bisnis.
Melakukan posting di facebook yang ditujukan untuk kepentingan promosi ataupun branding sangat disarankan dilakukan pada momen atau timing yang tepat. Pertanyaannya, kapankan waktu yang tepat tersebut?.
Menurut data analisis SocialBarel, terungkap bahwa waktu yang kiranya dinilai paling tepat untuk melakukan posting konten adalah pada rentang pukul 9 pagi hingga pukul 3 sore. Dalam rentang waktu sesudah pukul 3 sore hingga malam hari, umumnya jumlah akses ke media sosial facebook akan mulai menurun. Selain itu, SocialBarel juga mengungkap bahwa traffic akses ke social media ”facebook” paling melimpah pada hari senin hingga rabu.