Pasar e-commerce telah berkembang pesat dan menunjukkan nilai terbaik di tahun ini. Hampir semua pasar online di negara maju dan berkembang bergantung pada internet untuk melakukan berbagai aktifitas. Hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga Amerika sebagai pemilik pasar besar di dunia. Bagaimana semua orang mulai berpindah dari toko nyata ke toko online? Tentu semua ini juga terjadi akibat hubungan dengan berbagai aspek termasuk teknologi.
Sponsor: jasa buat website
Ada perkembangan tren yang sangat besar terjadi di tahun 2016 ini. Dan apakah semua tren ini masih akan bertahan hingga tahun depan? Anda melihat bahwa semua persaingan pasar e-commerce memang sangat kejam, meskipun semua jalan terbuka lebar. Berikut ini adalah beberapa tren pasar e-commerce yang sedang terjadi saat ini, dan peluangnya untuk bertahan di tahun 2017.
1. Digital media sebagai tumpuan utama
Di tahun 2016 ini perkembangan dunia digital media memang sangat pesat. Awalnya tidak banyak orang yang mencoba membuat blog atau situs. Dan sekarang banyak orang berlomba-lomba untuk membuat blog dan situs. Semua bidang bisa masuk ke dalam digital media dan mereka mendapatkan keuntungan yang besar. Meskipun pasar ini sangat bersaing namun diperkirakan akan tetap bertahan hingga tahun 2017. Dan justru mungkin bisa menjadi sangat besar karena beberapa peran dari mesin pencari seperti Google dan lainnya. Dari digital media ini maka pasar e-commerce akan melakukan promosi besar agar semakin dikenal di semua negara. Bahkan perusahaan start-up lokal saja sudah harus bersaing dari perusahaan asing yang masuk Indonesia.
2. Pasar yang terbuka dengan ponsel pintar
Tren yang kedua adalah bahwa pasar saat ini menerima perkembangan ponsel pintar dengan sangat baik. Tidak hanya untuk melakukan komunikasi, sebab mereka juga mulai berbelanja dengan ponsel. Berbagai produk layanan yang dijual hanya dengan aplikasi ponsel membuat pasar e-commerce menjadi sangat besar. Awalnya memang hanya untuk produk-produk resmi dari perusahaan saja. Dan sekarang semua orang mulai menggunakan aplikasi atau layanan sosial media untuk melakukan promo dan menjual produknya. Tentu ini langkah yang sangat praktis dan bisa mengikuti keinginan konsumen.
3. Perkembangan konten yang luar biasa
Sekarang jika Anda mencoba hanya menggambarkan sebuah produk dengan foto saja, ternyata dianggap tidak memuaskan oleh konsumen. Sebuah perkembangan aplikasi media sosial dengan konten video mendorong konsumen ingin melihat siaran dari video. Jika Anda masih bertahan dengan cara lama maka mungkin di tahun 2017 juga akan kalah. Siaran video ini ditujukan untuk pasar yang sangat luas, tidak hanya di dalam negeri tapi juga luar negeri. Tujuan dari pembuatan video ini adalah membuat pasar viral yang menguntungkan bagi perusahaan e-commerce yang memasang iklan pada konten.
Lantas apa tren pengembangan pasar e-commerce yang akan terjadi di tahun 2017? Dari semua tren tahun ini bisa saja bertahan dan ada juga beberapa cara yang akan tenggelam. Jangan lupa untuk mengikuti tren pasar e-commerce dunia jika Anda ingin bertahan di tahun 2017.