Jika anda adalah tipe orang yang melek dengan yang namanya media sosial, tentunya nama instagram bukanlah hal yang baru untuk anda. Instagaram adalah salah satu media sosial yang hingga har ini tetap happening dan menjadi salah satu media sosial yang kerap digunakan untuk berbagi momen dalam bentuk foto.
Sedikit memberikan penjelasan lebih untuk anda, instagram adalah sebuah bentuk aplikasi sharing foto dan gambar dengan menerapkan digital filter. Dengan menggunakan instagram, pengguna internet dimungkinkan juga untuk berbagi foto-foto/ gambar yang di-capture ke berbagai media sosial seperti facebook, twitter dan termasuk instagram itu sendiri.
Instagram ini dapat dikatakan sebagai media sosial yang amat digemari oleh pengguna internet yang suka mengabadikan gambar ataupun pengguna internet yang kerap berpergian ke tempat-tempat yang memiliki view/ pemandangan yang menarik.
Namun diluar fungsinya sebagai media sharing/ berbagi foto, kepopuleran media sosial ber-ikon kamera polaroid ini membuatnya menjadi salah satu media yang menjanjikan untuk pengembangan bisnis/ business development. Dengan jumlah penggunanya yang mencapai lebh dari 80 juta pengguna, anda dapat menggunakan instgram untuk memperkenalkan brand atau produk yang anda sedang kembangkan sebagai bisnis anda alias melakukan promosi atau digital marketing. Untuk melakukan hal tersebut, berikut ini tips penggunaan instagram sebagai media promosi yang disarankan untuk anda baca:
*Menampilkan produk
Kebanyakan penggunan media sosial banyak yang menyukai tampilan window shopping, untuk itulah anda dapat memulai promosi bisnis melalu instagram dengan men-add follower dan melakukan interaksi dengan menanyakan pendapat mereka mengenai produk yang anda tawarkan/ jualkan. Hal yang paling penting, jangan lupa tampilkan produk-produk yang anda tawarkan/ produk favorit dalam bisnis anda.
*Menampilkan proses produksi produk anda
Jika produk yang anda tawarkan adalah jenis produk creative yang proses pembuatannya dapat dikatakan tidak terlalu rumit seperti produk jam dinding kayu atau yang lainnya, anda dapat menarik perhatian follower anda mengenai cara pembuatan produk anda. Jika proses anda rasa terlalu panjang, anda dapat membaginya dalam beberapa part yang diupload berurutan.
*Menampilkan behind the scene
Merilis sebuah produk merupakan proses yang tentunya memakan waktu yang panjang. Oleh karena itu menampilkan behind the scend bisnis/ brand anda adalah salah satu cara marketing/ promosi efektif dengan tujuan membuat follower anda dalam pembangunan brand anda.
*Menampilkan fungsi/ kegunaan produk anda
Anda dapat menggunakan instagram anda sebagai media sharing informasi terkait kegunaan produk anda,anda dapat merilisnya secara langsung dengan menjelaskannya secara mendetail(menggunakan gambar). Namun membuat testimoni dengan meminta para konsumen anda menyampaikan pengalaman mereka tentang produk anda, anda dapat membuat kompetisi terkait hal tersebut dengan memberikan hadiah untuk foto terbaik.
*Menampilkan foto pusat/ kantor bisnis anda
Dari banyak follower yang melihat instagram anda, pasti beberapa ada yang memiliki pertanyaan tentang keadaan kantor/ basis bisnis anda? . Jika bisnis anda termasuk kelas menengah atau atas, anda dapat menampilkan keadaan kantor atau spot bisnis anda melalui foto guna mempertegas eksistensi anda.
*Aktif dalam menggunakan instagram
Untuk membangun bisnis melalu instagran, anda harus selalu mengamati perkembangan marketing/ promosi anda melalui instagram. Hubungkan juga instagram anda dengan media sosial lain sepeti Facebook untuk memperluas jangkauan promosi anda.