Strategi Penerapan Retention Mail Yang Efektif
Jelas hampir semua pebisnis internet marketing mengenal yang namanya email marketing. Sedikit menjelaskan untuk anda yang baru mendengar ataupun belum terlaluk akrab dengan teknik internet marketing yang satu ini, email marketing dapat didefinisikan sebagai sebuah metode marketing/ pemasarang secara dengan cara melakukan pengiriman pesan berisi konten komersial melalui media email.
Meski terbilang metode pemasaran klasik yang telah digunakan jauh sebelum metode pemasaran lain ditemukan seperti metode pemasaran viral marketing dan lain-lain, email marketing tetap banyak digunakan oleh banyak perusahaan startup yang tengah menjajakan produk atau layanannya.
Email marketing sendiri memiliki beberapa jenis berbeda, salah satu jenis yang sering dterapkan dalam suatu bisnis berbasis internet/ website adalah retention mail. Jika dijelaskan, retention mail merupakan salah satu tipe email marketing yang bertujuan untuk menjaga hubungan dengan sejumlah konsumen lama yang telah membeli atau menggunakan jasa anda. Tipe email marketing yang satu ini dapat dibilang sebagai salah satu jenis yang penting untuk diketahui demi menjaga konsumen-konsumen anda dan sekaligus sebagai akses untuk melebarkan bisnis anda dengan menawarkan produk dan layanan terbaru dari bisnis anda.
Untuk anda yang mungkin menggunakan metode promosi/ direct promotion/ pemasaran langsung ini (retention email)namun belum memberikan dampak berarti bagi bisnis online milik anda, berikut beberapa startegi penerapan retention email yang dapat anda jadikan panduan:
*Profil informasi
Salah satu materi yang anda miliki terkait dengan konsumen. Dengan mengetahui cukup banyak informasi tentang konsumen, anda dapat mengembangkan metode pemasaran atau promosi bisnis anda.
*Brand serta product awarness.
Brand dan product awarness dapat dikatakan metode internal klasik yang dapat digunakan dalam strategi retention mail, kedua hal ini terkait dengan pengenala produk atau layanan yang ingin ditawarkan. Cara yang paling efektif untuk branding dan product awarness adalah dengan mengirimkan pesan email pengenalan produk . Hal yang harus anda tekankan adalah memberikan fakta relevan terkait produk bukan hanya sekedar promosi/ marketing.
*Mengukur kepuasan konsumen
Kepuasan adalah indikator apakah konsumen akan menggunakan atau membeli jasa anda lagi atau tidak. Untuk hal ini, anda harus menjadi lebih aktif dan tidak hanya menunggu support email ataupun customer call/ panggilan untuk mengetahui kepuasan kostumer anda. Anda dapat menggunakan metode survei untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen anda terhadap produk dan pelayana bisnis anda.
*Meninggikan frekuensi pengiriman email
Pada beberapa kasus, banyak pebisnis online yang kehilangan konsumen mereka setelah sudah melakukan transaksi. Untuk memastikan hal tersebut tidak terjadi pada bisnis oine anda, anda dapat meningkat frekuensi pengiriman email ke konsumen anda dengan isi email yang mengandung ajakan halus agar konsume tersebut kembali menjadi langganan bisnis anda. Hal yang paling tepat dilakukan untuk bagian ini adalah menawarkan beberapa penawaran menarik dan ekslusif guna menarik kembali perhatian konsumen anda untuk berlangganan.