Prinsip Dasar Copywriting untuk Mengisi Konten Blog

790
Prinsip Dasar Copywriting untuk Mengisi Konten Blog.1

Apakah Anda berminat ingin menjadi penulis konten profesional? Pekerjaan ini sekarang menjadi salah satu pekerjaan yang banyak diminati karena bisa memberikan waktu kerja yang lebih bebas. Bahkan Anda tidak perlu berangkat ke kantor karena semua pekerjaan bisa dilakukan di rumah. Salah satu trik yang sangat penting untuk menjadi penulis konten adalah tehnik untuk copywriting.

Sponsor : jasa bikin website

Tehnik ini sebenarnya tidak hanya untuk menulis iklan atau menjual sebuah produk dan jasa tertentu. Menurut situs ini copywriting merupakan bagian dari seni untuk menulis rangkaian kata menjadi kalimat dengan tujuan untuk promosi, bisnis, iklan atau bahkan mengembangkan sebuah ide.

Prinsip Dasar Copywriting untuk Mengisi Konten Blog.1
(Sumber gambar : Chris Kenworthy)

Hal ini sama saja ketika Anda ingin membuat konten untuk sebuah blog dengan tujuan bisnis atau iklan sebuah produk dan jasa. Anda harus bisa membuat isi blog lebih memiliki nilai jual dan mendorong orang lain untuk tertarik dengan bisnis yang Anda tawarkan. Berikut ini adalah beberapa prinsip dasar copywriting untuk mengisi konten blog yang harus Anda kuasai.

1. Mengajak pembaca untuk berbicara
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencoba mengajak semua pembaca untuk berbicara secara pribadi dengan Anda. Cara ini bisa memberi ikatan emosional yang sangat baik untuk efek blog Anda. Anda tidak harus menulis sebuah uraian yang panjang. Bahkan Anda bisa menulis sebuah percakapan yang ringan. Ingat bahwa Anda harus berpikir bahwa apa yang Anda tulis hanya akan dibaca oleh satu orang. Meskipun target Anda untuk lebih dari jutaan pembaca yang mengunjungi blog Anda. Anda bisa melibatkan beberapa hal penting seperti pengalaman pribadi, emosi, dan juga ide. Semua percakapan harus dibuat lancar dan mengalir sehingga pembaca merasa sangat aman.

Prinsip Dasar Copywriting untuk Mengisi Konten Blog.2

(Sumber gambar : Fotolia)
2. Informasi yang jelas, singkat dan tidak basa basi
Apakah Anda pernah membaca isi blog yang sangat banyak dan luas namun tidak memiliki inti. Anda harus menghindari kebiasaan ini dan mulai menulis hal yang penting untuk pembaca. Semua informasi harus disajikan dengan jelas dan juga mudah untuk dimengerti oleh semua pembaca. Hindari menulis banyak kalimat tapi terlihat sia-sia untuk pembaca.

Prinsip Dasar Copywriting untuk Mengisi Konten Blog.3

(Sumber gambar: Fotolia)
Strukur tulisan juga harus dibuat sangat jelas seperti judul, sub judul, isi dan penutup. Struktur ini akan membantu pembaca untuk mengenali mana bagian inti dan penjelasan yang dibutuhkan. Hindari menggunakan kalimat atau bahasa yang tidak baku karena bisa membuat pembaca tidak fokus dan sulit mengerti.

3. Siapa target Anda?
Kemudian ketika Anda ingin menulis maka Anda harus memiliki target pembaca. Anda bisa mengevaluasi tujuan dari setiap blog yang Anda buat. Ketika Anda bisa menetapkan target pembaca maka semua langkah bisa menjadi lebih mudah. Kemudian nama sebuah blog yang Anda pilih juga harus membantu pembaca untuk mengenali tema utama dalam blog Anda. Ketika Anda merancang sebuah blog tentang kuliner maka buat dengan nama tersebut. Langkah ini sangat penting untuk membuat pembaca bisa mengenali blog dengan lebih mudah.

Prinsip Dasar Copywriting untuk Mengisi Konten Blog.4
(Sumber gambar: Fotolia)
4. Judul yang menarik namun tidak berlebihan
Semua pembaca biasanya akan mengenali sebuah artikel dari judul artikel. Mereka bisa memutuskan untuk membaca atau tidak hanya dengan melihat judul. Karena itu Anda harus membuat sebuah judul yang menarik, tidak berlebihan dan tidak menjebak. Anda bisa membuat judul yang justru bisa menarik minat pembaca dan juga membuat mereka merasa penasaran untuk membaca. Jangan pernah menipu pembaca dengan judul yang terlihat menarik tapi isinya bahkan diluar jalur judul tersebut. Berikut ini beberapa pelajaran membuat judul yang bisa Anda coba sendiri.

Prinsip Dasar Copywriting untuk Mengisi Konten Blog.5
(Sumber gambar: Fotolia)
5. Memeriksa ulang dan memastikan
Untuk menghindari berbagai kesalahan yang tidak diperlukan, maka Anda bisa mencoba untuk melakukan koreksi. Koreksi ulang diperlukan ketika akan memuat sebuah judul atau isi artikel menjadi konten blog. Pastikan bahwa semua judul yang ditulis menarik, tidak ada salah huruf, cerita dan alur yang sangat jelas serta isi konten yang mengalir. Tata bahasa dan ejaan juga harus dipastikan karena kesalahan bisa membuat blog Anda sulit untuk terdeteksi oleh mesin pencari. Jika perlu maka Anda bisa mencoba untuk meminta orang lain agar membaca isi konten yang sudah Anda tulis.

Prinsip Dasar Copywriting untuk Mengisi Konten Blog.6
(Sumber gambar: Fotolia)
Jadi jika Anda ingin menjadi seorang penulis konten yang profesional maka pastikan semua langkah tersebut Anda lakukan dengan baik. Tidak ada cara instan untuk menulis karena semua membutuhkan waktu dan pembelajaran.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry