Pada awal perkembangan e-commerce maka Amazon masih dianggap sebagai penguasa e-commerce di seluruh dunia. Tapi sekarang mereka memiliki pesaing karena pertumbuhan e-commerce Cina bisa tumbuh pesat. Jika Anda melihat di internet maka ada banyak perusahaan Cina yang awalnya tidak bekerja dengan sistem e-commerce, kemudian mereka merubah arah perusahaan. Perusahaan mengambil langkah penting dan mempertimbangkan keuntungan serta kerugian.
Beberapa situs e-commerce seperti Alibaba, Yihaodian dan situs lain tumbuh dengan sangat baik. Mereka tidak hanya tumbuh di negara sendiri tapi juga mulai merambah pasar Asia dan Amerika. Sementara kita memang masih tertinggal dan harus berusaha untuk mengejar perkembangan e-commerce. Dibawah ini beberapa poin penting mengapa Cina bisa menjadi penguasa pasar e-commerce.
- Cina mengembangkan situs web yang padat
Amazon memiliki desain web yang sederhana dan tidak membuat banyak produk. Desain seperti ini ternyata bis menyulitkan pembeli karena harus mencari lewat kolom pencarian. Sedangkan semua situs e-commerce Cina memiliki desain web yang sangat lengkap dan terlihat ramai. Ini sama seperti sebuah toko yang ingin menunjukkan semua produk kepada calon konsumen. Sehingga calon pembeli juga merasa terpancing untuk melihat semua produk dan mencari kemungkinan produk yang direkomendasikan. Akibatnya pemasaran berjalan sangat baik dan menjangkau konsumen.
Sponsor : halojasa.com
- Pembeli membandingkan harga
Kemudian e-commerce Cina membuat semua harga produk mudah dibandingkan. Calon pembeli tidak perlu bertanya atau melakukan cara yang rumit. Desain web dibuat dengan klik yang berhubungan dengan perintah untuk membuka jendela baru. Dampaknya bisa membuat calon pembeli mudah untuk melihat penawaran harga yang paling baik. Kemudian efeknya bisa mendorong konsumen untuk melihat banyak barang dan menemukan produk dengan harga yang paling rendah namun produk yang sama.
- Promosi menarik pasar Cina
Kemudian promosi yang dilakukan oleh pemilik e-commerce di Cina juga mendapatkan sambutan yang sangat baik. Banyak calon pembeli yang melihat semua peluang promosi dan mereka juga mencari fasilitas tersebut. Ini sangat berbeda dengan Amerika karena pasar disana sangat loyal terhadap merek dan bukan promosi. Inilah yang bisa membuat pasar Cina justru berkembang dengan cepat. Pemilik e-commerce bisa menjual banyak produk dengan memberikan diskon dan mereka masih mendapatkan keuntungan.
- Logistik yang utama
Kemudian pemilik e-commerce di Cina juga melakukan investasi untuk membuat jalur logistik sendiri. Selama ini pasar Amerika menggunakan pihak kedua atau ketiga sebagai jalur logistik. Dan ternyata semua itu tidak menarik untuk konsumen di Cina. Produk lama sampai dan memakan biaya. Sementara itu e-commerce yang membangun sistem logistik sendiri ternyata menerapkan biaya gratis kirim dengan syarat tertentu. Kemudian e-commerce juga menggunakan sosial media untuk membantu perkembangan pasar. Dampaknya sangat baik karena bisa membuat penjualan meningkat dengan cepat.
Itulah beberapa fakta bahwa e-commerce di Cina memang bisa berkembang dengan cepat. Sekarang membeli produk dari luar negeri atau mengirim produk ke luar negeri juga sangat mudah. Anda bisa menggunakan jasa logistik yang sudah berpengalaman demi meningkatkan peluang bisnis. Halo jasa bisa menjadi salah satu pusat pencarian jasa pengiriman internasional. Anda tidak perlu ragu karena semua jasa sudah ahli dan bertanggungjawab untuk pengirimkan barang ke berbagai negara.