Apakah Anda berpikir bahwa mengembangkan bisnis e-commerce hanya cukup dengan desain website yang responsif saja? Jika Anda masih berpikir seperti maka mari kita keluar dari zona nyaman. Ada banyak pemilik bisnis online yang menjadi sangat terkenal dan mereka bahkan tidak membuat situs penjualan. Meskipun situs penjualan sebagai bukti bahwa pasar Anda bisa menjangkau berbagai level tapi ternyata tidak cukup. Rahasia untuk keluar dari zona nyaman ini adalah berkembang dengan sebuah sosial media.
Sponsor: jasa iklan facebook
Kehidupan dalam sosial media tidak hanya berisi status atau foto, tapi juga promosi. Bagian promosi lebih penting daripada hanya menjalankan situs saja. Semua konsumen Anda bisa melihat produk dengan promosi. Dan sosial media memang cara ampuh untuk melakukan promosi seluas-luasnya dan tanpa batasan apapun.
Jika Anda masih belum yakin, silahkan pelajari beberapa alasan tetap menggunakan media sosial seperti dibawah ini:
1. Sosial media menghubungkan dunia yang lebih luas
Hampir semua orang didunia saat ini bekerja dengan menggunakan sosial media. Mereka membuat sebuah hubungan yang jelas antara konsumen dan produsen. Mereka bisa berhubungan langsung dengan pemilik bisnis atau petugas admin dalam sosial media tersebut. Dan sosial medis menghubungkan jarak yang sangat luas, tanpa batasan apapun. Hubungan dekat ini akan mengembangkan persahabatan yang baik dalam pengembangan pasar.
2. Sosial media sebagai media pengumuman
Melakukan promosi dengan membuat sebuah pengumuman memang harus dilakukan. Anda tidak bisa melakukan dengan bebas di situs karena tidak semua pelanggan akan membuka situs Anda setiap hari. Tapi membangun kekuatan pengumuman dari sosial media akan mendorong konsumen melihat promosi Anda. Misalnya dengan sebuah sosial media seperti Twitter. Anda bisa melakukan promosi dengan mudah dan sangat murah.
3. Melihat lawan dalam pasar Anda
Dalam sebuah sosial media Anda juga bisa menemukan dan melihat siapa lawan dalam pasar Anda. Anda bisa menemukan ada banyak produk lain yang sama atau sejenis. Dan ini membantu menganalisa menciptakan pasar untuk bisnis Anda. Anda bisa menghindari produk yang sama dan menemukan apa yang paling spesial dalam bisnis Anda. Dan Anda bisa memutuskan untuk tetap masuk ke bisnis yang sama atau tidak.
4. Komunikasi adalah kunci penting
Berkomunikasi dengan konsumen adalah langkah yang sangat penting. Anda bisa melakukan semua langkah ini dengan sosial media. Jika ada konsumen yang mengajukan klaim maka Anda bisa melakukan secara terbuka. Kemudian konsumen lain bisa melihat bahwa bisnis yang Anda buat memang sangat jujur. Jangan pernah mengacuhkan konsumen dalam sosial media karena tindakan buruk ini bisa menyebar dengan cepat.
Sosial media dan bisnis e-commerce memang sama sekali tidak bisa dipisahkan. Ada hubungan yang sangat kuat meskipun keduanya memiliki perbedaan yang jelas. Dan Anda bisa menemukan keputusan yang tepat untuk menggunakan medis sosial atau tidak.