Macam-Macam Strategi Pemasaran Produk Untuk Meningkatkan Penjualan

4809
Strategi pemasaran produk untuk meningkatkan penjualan

Strategi pemasaran produk untuk meningkatkan penjualan adalah hal yang sangat krusial untuk membangun sebuah bisnis. Hal itu menjadi senjata utama untuk membuat bisnis terus bertahan dan berkembang maju. Dengan melakukan pemasaran, maka produk yang dihasilkan bisa dijual dan menghasilkan pemasukan.

Sponsored: jasa pembuatan website toko online murah

Untuk memasarkan suatu produk, ada banyak hal yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan. Memasarkan suatu produk sepuluh tahun lalu dengan saat ini tentunya berbeda. Karenanya ketika berbagai  macam hal berubah, tentunya juga butuh penyesuaian. Ada banyak perbedaan di setiap waktu mengenai cara-cara melakukan pemasaran di tataran lapangan. Untuk anda yang sedang membagun bisnis, dan mencari cara-cara yang ampuh untuk melakukan pemasaran, berikut ini ada beberapa strategi pemasaran produk untuk meningkatkan penjualan, yang bisa anda pertimbangkan untuk digunakan:

  • Melakukan Riset Pasar

Mengenali pasar anda adalah langkah awal sebelum melakukan pemasaran. Pasar atau konsumen adalah orang yang nantinya membeli produk anda. Dan untuk bisa membuat banyak penjualan anda harus mengenal lebih dulu bagaimana konsumen yang akan anda jadikan target pasar. Produk yang anda jual harus sesuai dengan market. Jika anda gagal atau salah dalam menentukan pasar yang anda target, maka siap-siaplah untuk gulung tikar.

Untuk anda yang masih belum memahami riset pasar. Berikut ini saya berikan sekilas gambarannya. Misalnya anda menjual produk buku cerita anak. Maka anda perlu membidik segmen anak-anak atau ibu rumah tangga atau orang tua yang memiliki anak yang masih kecil. Perjelas target usia anak, missal 5-10 tahun. Buatlah definisi target yang jelas. Jangan sampai anda menjual produk buku anak, tapi anda mentarget remaja SMP atau SMA sbagai pasarnya.  Dengan begitu anda bisa focus melakukan pemasaran kepada target yang sudah ditetapkan.

  • Melakukan Pemasaran

Aktivitas pemasaran dalam bisnis adalah kewajiban. Setelah melakukan riset pasar, langkah yang anda lakukan adalah promosi. Rancanglah rencana promosi yang efektif dan efisien, sehingga anda bisa mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dengan modal seminimal mungkin. Dalam melakukan promosi dibutuhkn kekonsistenan dan berkelanjutan. Jangan hanya melakukan promosi ketika di awal membuka bisnis saja. Tapi lakukan it uterus menerus, bahkan ketika produk anda sudah laris.promosi tetap perlu dilakukan untuk menjaga keloyalan pelanggan, sehingga mereka tidak pindah ke produk lain.

Lakukan pemasaran secara offline dan online. Bisa melalui media social, website, membagikan brosur, membuat pamphlet, iklan di TV, Koran, dan sebagainya.

Tidak hanya berhenti di sini, anda juga perlu mengamati apa yang dilakukan oleh competitor anda, terutama pada bagaimana ia melakukan promosi. Anda bisa mempelajarinya kemudian nilai mana yang menurut anda adalah kelebihan dan kekurangan dari cara promosi yang dilakukan oleh competitor. Tiru dan perbaiki metode promosi yang baik, kemudian terapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien.

  • Memilih Tempat Yang Strategis

Jika anda berbisnis secara offline dan memiliki tempat jualan yang tetap, maka anda perlu memperhitungkan faktor tempat usaha yang strategis. Pilihlah lokasi yang ramai dan memiliki kedekatan dengan pasar yag sudah anda targetkan tadi. Jika anda berjualan buku cerita anak, maka anda bisa memilih tempat yang dekat dengan arena bermain, atau sekolah SD, TK, dan tempat yag biasanya dikunjungi oleh orang tua dan anak. Lokasi yang anda pilih usahakan mudah diakses, bukan di tempat yang jauh dari jalan raya, atau tidak bisa dimasuki mobil.

  • Memaksimalkan Internet Marketing

Teknologi yang ada dan semakin maju ini, bisa menjadi pendukung yang sangat baik jika anda bisa menggunakannya. Melakukan internet marketing bisa memberikan dampak efisiensi yang nyata, anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk melakukan internet marketing.

  • Evaluasi Dan Perbaikan

Tahap yang terakhir untuk meningkatkan penjualan produk anda adalah dengan melakukan evaluasi pada setiap langkah yang sudah anda lakukan. Evaluasi ini penting dan harus selalu anda lakukan, karena dengan cara ini anda akan tahu mana yang jadi kekurangan dan kelebihan dari setiap yang sudah anda lakukan.

5
27%
like
5
27%
love
2
11%
haha
0
0%
wow
2
11%
sad
4
22%
angry