Tipografi dalam sebuah logo, akan menjadi satu kesatuan yang menjelaskan brand anda. Bahkan tipograpi dapat menjadi logo itu sendiri. Seperti yang pernah kita bahas mengenai klasifikasi bentuk dari sebuh logo yang terdiri dari picture mark dan letter mark, picture mark sekaligus letter mark serta letter mark saja.
Dalam hal ini, ada dua jenis tipograpi yang akan kita bahas, yakni tipograpi yang terdapat dalam logo (letter marks) serta tipografi yang digunakan dalam media-media aplikasi logo (corporate typeface/corporate typography). Keduanya memiliki fungsi yang berbeda, sehingga karakteristik huruf yang digunakan pun akan berbeda pula.
Pada sebuah letter marks, adalah hal yang sangat penting untuk memperhatikan keunikan dari sebuah logo, maka tentu saja jenis huruf harus unik. Kita pun pernah membahas mengenai logo yang unik bukan? Yang paling penting dari unik adalah orisinil, dimana hal tersebut merupakan hal yang belum pernah ada sebelumnya, atau meskipun ada kesamaan, tidak serta merta sama. Tetap ada perbedaan yang membuatnya tidak akan disamakan dengan yang lainnya. Oleh karenanya, tipografi jenis ini biasanya akan menggunakan huruf yang berbeda dari yang pernah ada sebelumnya. Hal ini dikarenakan desainer menciptakan desain huruf secara khusus.
Bagi logo dengan jenis letter mark ini akan menjadi sangat penting karena huruf lah yang akan ditonjolkan. Dia tidak akan menjadi unik dan istimewa jika menggunakan apa yang telah ada dan umum di masyarakat. Bahkan dengan kecanggihan teknologi saat ini, dengan mudah orang lain akan dapat membuatnya. Dan hilang lah daya tarik dari logo tersebut.
Berbeda dengan tipografi jenis letter marks, jenis corporate typeface lebih menjaga kesatuan desain/ unity antar media-media/ aplikasi desain perusahaan lebih menekankan pada penyampaian informasi yang nyaman dibaca pada segala kriteria. Maka dari itu, ia menggunakan jenis huruf yang telah tersedia dan beredar dipasaran seperti Times New Roman, Calibri atau jenis huruf lainnya. Akan tetapi, ada juga beberapa perusahaan yang merancang sendiri jenis hurufnya namun tetap menjaga tujuannya tadi.
Jelas sudah bahwa penentuan jenis huruf perusahaan bukanlah hal yang mudah. Tentu harus disesuaikan pula dengan jenis logo yang kita inginkan. Bahkan sebuah huruf pun akan memberikan kesan yang mendalam bagi publik terutama pandangan mereka terhadap image brand yang sedang anda bangun. Jadi pilihlah jenis huruf yang sesuai dengan entitas perusahaan anda, bukan dengan selera anda.
Karena sebuah logo adalah bagian penting dari identitas perusahaan. Kembali ke dasar dan menggunakan tipografi untuk membuat logo dapat menjadi solusi brilian yang Anda cari. Sebuah penggunaan cerdas warna, penataan huruf, dan beberapa elemen desain yang dipilih dapat membuat logo cocok dan kreatif. Singkatnya, Anda harus mencoba desain logo tipografi.
Mari kita lihat bagaimana para seniman ini memilih untuk menampilkan desain logo tipografi favorit mereka. Beberapa dari mereka adalah sederhana dan elegan, yang lain keras dan over-the-top – mewakili getaran. Fleksibilitas membuat hidup menyenangkan loh.