Faktor Paling Penting untuk Mempertahankan Kinerja E-Commerce di Tahun 2017

286
Kinerja E-Commerce

Sudah beberapa hari ini memang kita telah memasuki tahun 2017. Anda mungkin masih ingat bahwa beberapa tahun yang lalu semua orang masih menyerahkan uang ke kasir ketika membeli berbagai produk di toko. Aktifitas ini ternyata sudah jarang ditemukan dan hanya terjadi pada pasar tradisional atau supermarket yang tidak menerapkan sistem online. Sementara bisnis yang mengacu pada sistem e-commerce sudah melakukan berbagai perubahan untuk mengikuti perkembangan kecepatan teknologi dan juga pasar. Karena pengalaman membeli produk melalui e-commerce maka sudah banyak orang yang merubah sistem belanja. Tapi apakah sistem ini masih akan berkembang atau cukup bertahan di tahun 2017. Dibawah ini adalah beberapa faktor paling penting untuk mempertahankan kinerja e-commerce di tahun 2017.

Sponsor: aplikasi travel

1. Perangkat teknologi yang semakin cerdas

Melewati beberapa tahun terakhir ini ternyata e-commerce banyak bertumpu pada berbagai perangkat yang dirancang untuk bekerja dengan canggih dan cerdas. Semua perangkat ini memiliki dampak yang sangat baik untuk perkembangan e-commerce dari mulai awal hingga sekarang. Banyak orang sibuk yang tidak sempat melakukan berbagai pekerjaan sendiri sehingga mereka menggunakan berbagai perangkat untuk bisnis ini. Beberapa sistem yang bisa Anda lihat misalnya seperti Amazon Alexa, Microsoft Cortana, Google Assisten dan. Sistem inilah yang akan membantu mengawasi aktifitas bisnis e-commerce dan kemungkinan masih bertahan hingga tahun depan.

2. Aplikasi chatting

Aplikasi chatting memang banyak merajai aktifitas pasar online hingga saat ini. Semua pemilik bisnis e-commerce dan pembeli melakukan komunikasi dengan mudah dengan cara chatting. Beberapa jenis produk chatting yang masih digunakan seperti Facebook, Twitter, WhatsApp dan Line. Dengan aplikasi ini maka sistem belanja bisa dilakukan dengan sangat mudah. Pemilik bisnis tidak perlu melakukan prosedur yang rumit untuk melalukan promosi atau menjalin transaksi dengan konsumen. Pada dasarnya sistem ini sangat aman asalkan pemilik bisnis dan pembeli melakukan sistem transaksi yang sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan. Faktor ini juga dipercaya masih akan bertahan tahun ini dan diprediksi akan lebih berkembang.

3. Aplikasi pembayaran dengan ponsel

Saat ini aplikasi pembayaran dengan ponsel memang sudah banyak dilakukan di Amerika dan Korea. Sementara di Indonesia memang sistem ini belum terlalu banyak digunakan, karena berbagai kendala. Di negara kita sistem pembayaran masih mengandalkan jasa perbankan dengan cara melalui ponsel, ATM atau transfer langsung. Namun sebenarnya sistem pembayaran ini sangat baik karena bisa mengurangi berbagai aktifitas yang rumit. Dan siapa tahu sistem pembayaran dengan ponsel ini akan datang ke Indonesia dengan beberapa teknologi e-commerce yang sama canggihnya.

4. Gadget

Semua aktifitas e-commerce yang dilakukan melalui ponsel pintar dan berbagai gadget dengan teknologi canggih masih akan merajai untuk tahun ini. Anda mungkin sudah mendengar bahwa teknologi ini memang akan tetap bertahan sampai beberapa tahun mendatang. Pengaruh faktor ini mendapatkan dukungan kuat dari perusahaan pengembang teknologi termasuk untuk ponsel dan aplikasi. Ponsel pintar dirancang untuk mendukung sistem transaksi yang jelas dan mudah sehingga konsumen tidak lagi mengandalkan komputer.

Selain beberapa faktor diatas maka sebenarnya ada faktor penting lain seperti proses pengiriman produk ke konsumen. Misalnya beberapa tahun lalu Amazon pernah melepaskan ide pengirimkan produk dengan drone. Meskipun ide ini terlihat agak gila tapi bisa saja beberapa tahun ke depan ide pengiriman produk seperti ini bisa terjadi di negara kita.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry