Content Marketing Dalam Search Engine Optimization

520

Untuk seorang website developer ataupun user pastinya mengenal apa itu yang namanya content marketing, content marketing dapat diartikan sebagai langkah marketing / pemasaran yang dilakukan dengan memberikan serta menyediakan konten-konten yang bermanfaat sehingga visitor website/ audience/ target pemasaran lebih mengenal bisnis anda.

Sebagai contoh sederhana penerapan content marketing, suatu website e-commerce yang menjual obat pelangsing merilis sejumlah konten(artikel, video ataupun gambar) tentang cara melangsingkan tubuh secara aman dan cepat. Hal ini ditujukan untuk membuat orang yang mencari informasi yang ditujukan dapat diarahkan ke website tersebut dan melihat produk yang dijualkan. Begitulah sekiranya analogy penerapan content marketing ini.

Content marketing adalah salah satu langkah digital marketing yang paling populer dan dapat dikatakan sangat disarankan untuk suatu website. Suatu website yang baik tidak hanya membutuhkan SEO(Seach Engine Optimization) yang friendly agar mendapatkan peringkat atas di pencarian search engine, namun juga membutuhkan content marketing sebagai backup.

Bahkan ada wacana yang mengatakan bahwa SEO(Search Engine Optimization) modern adalah bentuk kombinasi dari SEO(Search Engine Optimization) dan content marketing. Seperti yang diketahi bahwa 3 komponen utam dalam SEO(Search Engine Optimization) adalah website, user dan juga Google. Menggunakan/ menerapkan Content marketing adalah langkah untuk memberikan informasi kepada users sehingga dapat meningkatkan/ memperbaiki posisi/ peringkat website anda dalam pencarian search Engine. Namun apa saja yang perlu diperhatikan dalam membuat/ menerapkan content marketin?, berikut ini concept yang harus anda pahami:

*Kualitas content adalah prioritas
Mesin perayap Google menampilkan Content dengan kualitas terbaik dan mengurutkannya berdasarkan kualitas tersebut, oleh karena itu utamakan kualitas content yang anda buat. Semakin banyak anda membuat postingan content berkualitas, maka semakin baik juga posisi website anda pada peringkat pencrian Google.

*Kuantitas Content bukanlah hal yang penting
Kuantitas bukanlah hal yang penting dalam content marketing, anda sebaiknya tidak membuat content hanya untuk pelengkap website anda dalam jumlah banyak. Hal tersebut malah akan memperburuk peringkat anda dalam pencarian search engine(Google). Lebih baik menerbitkan/ memposting content dalam jumlah sedikit namun dengan kualitas yang baik.

*Mesin pencari/ Google melakukan perangkingan berdasarkan halaman
Google/ mesin pencari lainnya merangking halaman dari website anda untuk menentukan posisi anda di dalam hasil pencarian, jumlah halaman yang anda miliki tidak memberikan pengaruh akan posisi wesbite anda pada SERP(hasil pencarian Search Engine). Google akan memberikan peringkat baik pada pencarian search engine kepada halaman website yang berkualitas.

*Mempromosikan content
Membuat konten yang berkualitas saja saat ini belum dikatakan cukup jika mengingat bahwa banyaknya jumlah konten berkualitas yang menjadi saingan anda. Untuk itu, anda membutuhkan faktor luar yaitu kepuasaan pembaca untuk memenangkan persaingan. Anda dapat mendapatkan faktor ini dengan memberikan informasi tentang apa yang anda tulis melalui media sosial ataupun email anda.

*Penggunaan Keyword
Untuk membuat halaman website anda mendapatkan peringkat yang baik pada pencarian, trik yang dapat diterapkan dalam content marketing adalah penerapan keyword. Trik ini akan membuat content anda akan cepat ter-index di pencarian Google/ mesin pencarian lainnya. Contohnya, jika anda memiliki website yang menjual maternity dress, anda dapat menggunakan kata tersebut sebagai keyword dalam konten anda(namun harus dipersempit, seperti membuatnya menjadi colorful maternity dress).

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry