Apakah Anda menggunakan media sosial untuk meningkatkan perkembangan e-commerce? Semua orang yang bergerak dalam bidang e-commerce selalu menggunakan media sosial untuk mendapatkan peluang pasar yang lebih baik. Namun persaingan dalam dunia media sosial memang terlalu besar. Ini pasar yang sangat luas karena digunakan di semua negara. Kemudian jika Anda mencoba untuk melakukan unggahan satu data saja maka itu tidak akan cukup untuk melakukan promosi. Bahkan jika Anda sudah mengeluarkan modal untuk mengenalkan produk di sosial media. Berikut ini adalah beberapa cara untuk membuat sosial media bisa bekerja untuk e-commerce Anda.
Sponsor: bikin website
1. Gunakan hastag untuk promosi
Ketika Anda ingin membuat produk yang Anda pasarkan menjadi lebih mudah dicari, maka gunakan hastag dalam setiap data yang diunggah. Hastag menjadi tanda yang paling mudah dalam halaman pencarian di media sosial. Kemudian ketika konsumen sedang melihat semua produk di jaringan hastag maka mereka bisa menemukan produk Anda. Dari halaman ini maka konsumen akan menemukan akun Anda untuk mencari apa saja produk yang Anda pasarkan. Hastag juga menjadi cara yang sangat baik untuk membuat semua orang mengenal produk Anda.
2. Biarkan konsumen menyatakan pendapat mereka
Kemudian cara lain adalah dengan membiarkan konsumen berhubungan lebih dekat dengan sosial media Anda. Biarkan konsumen mengeluarkan pendapat mereka terkait dengan produk yang sudah mereka beli. Cara ini sangat baik untuk membantu konsumen menjadi lebih terbuka dalam media sosial. Kemudian juga bisa membantu Anda untuk mengembangkan pasar ke teman-teman atau keluarga dari konsumen. Ini juga akan membantu Anda untuk menilai produk dengan luas dari pandangan konsumen sehingga bisa melakukan perbaikan jika ada masalah.
3. Atur sebagai akun yang umum
Beberapa orang bergerak dengan e-commerce tapi mereka mengatur akun media sosial sebagai akun pribadi. Ini langkah yang tidak bijak karena konsumen harus menunggu persetujuan dari Anda untuk bisa melihat semua produk yang Anda jual. Sementara jika Anda mengatur akun menjadi umum maka konsumen bisa menemukan dengan mudah. Mereka bisa melakukan sesi tanya jawab dengan komentar dan dilanjutkan dengan komunikasi dua arah kepada konsumen. Jadi jangan pernah membuat konsumen menunggu hasil persetujuan Anda untuk menjadi teman.
4. Keluarkan modal untuk promosi
Kemudian jika Anda memiliki modal lebih maka lakukan dengan promosi berbayar. Ada banyak fasilitas yang tersedia dalam media sosial yaitu dengan membayar khusus kepada jasa yang sengaja melakukan promosi. Mereka akan bekerja dengan ikatan khusus termasuk berapa kali harus melakukan promosi untuk produk Anda. Atau dengan menggunakan jasa artis yang seolah-olah telah menjadi pelanggan Anda. Sistem ini dikenal dengan nama endorse dan hasilnya bisa menjadi lebih memuaskan untuk penyebaran produk Anda.
Pada dasarnya meningkatkan e-commerce dengan sistem media sosial memang harus masuk ke permainan sosial. Anda bisa membuat produk Anda menjadi lebih berharga dengan cara ini namun juga akan meningkatkan konsumen.