Setelah sebelumnya kami sudah membahas tentang merk dan copywriting untuk deskripsi, kini saatnya kami membahas tentang bagaimana agar akun Halo Jasa Anda tampil di halaman satu Google dengan Cara Terbaru Bagaimana Mengoptimasi SEO Pada Bisnis Jasa Anda.
Mengapa ini penting?
Jawabannya mudah: semua orang yang melek internet pastinya menggunakan Google untuk mencari informasi tentang sesuatu.
Sekarang bayangkan saat seseorang mencari jasa yang ia butuhkan di Google, dan yang muncul paling atas adalah domain bisnis Anda. Tentu menyenangkan, bukan?
Selain itu, 60% pengguna Google akan mengklik hasil pencarian paling atas yang ia lihat. Makanya, jika Anda menguasai halaman teratas Google, Anda bisa menang satu langkah dari kompetitor Anda.
Seni untuk melakukan ini disebut dengan Search Engine Optimization.
Search Engine Optimization, atau SEO, adalah upaya untuk menjadikan alamat situs (atau, dalam hal ini akun Halo Jasa Anda) tampil di halaman satu Google. Bahkan jika bisa muncul di halaman teratas.
Bagaimana cara melakukannya?
Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar bisnis Anda dapat masuk di halaman satu Google. Namun kami sangat menyarankan agar Anda mendaftar akun di Halojasa terlebih dulu.
Siap?
Riset Kata Kunci
Yang pertama adalah riset kata kunci. Kata kunci adalah kata-kata yang Anda tuliskan di Google saat akan mencari sesuatu.
Jika Anda mencari layanan kursus privat untuk anak Anda yang masih SMP, apa yang akan Anda ketik? Biasanya,”les privat (mata pelajaran) SMP” biasanya ditambahkan pula kota tempat tinggal.
Untuk mengetahui kata kunci yang paling pas, Anda perlu melakukan riset. Riset ini bisa dilakukan dengan Google Keyword Planner.
Jika belum punya akun Google Adwords, Anda perlu membuat akun terlebih dulu. Jika sudah punya akun Gmail, prosesnya cukup cepat, kurang dari 5 menit.
Setelahnya, akan muncul tampilan berikut.
Pilihlah opsi “Search for new keywords using a phrase, website, or category”.
Setelah diklik, masukkan kata kunci yang terkait bisnis Anda di kotak teratas. Contohnya adalah kata kunci “jasa foto prewedding”. Di kolom targeting lokasi, pilihlah Indonesia. Contohnya sebagai berikut.
Setelahnya, Google menampilkan beberapa kata kunci yang serupa, yang sering dimasukkan oleh pengguna Google. Contohnya adalah seperti ini.
Di sebelah kanan jumlah pencarian, ada kolom bertuliskan competition, kan?
Maksud competition ini adalah tingkat kesulitan Anda untuk mendapatkan posisi paling atas pencarian google, jika menggunakan kata kunci tersebut.
Untungnya, untuk kata kunci jasa foto prewedding, tingkat kesulitan persaingannya tergolong rendah dan medium. Jika Anda melakukannya dengan benar, bisnis Anda untuk terlihat di hasil paling atas Google cukup besar.
Di sebelah kiri kolom competition, ada kolom bertuliskan “Avg. Monthly searches”. Maksudnya di sini adalah berapa kali kata kunci tersebut diketikkan dalam sebulan.
Ambil contoh “pre wedding”. Hasil pencariannya besar, 10.000 hingga 100.000 per bulan.
Ada beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan untuk domain bisnis prewedding: paket foto prewedding, foto prewedding murah, atau mungkin jasa foto prewedding.
Anda mungkin berpikir: kenapa tidak menggunakan kata kunci “pre wedding” atau “foto prewedding”? Bukankah hasil pencariannya lebih besar?
Untuk memilih domain, kita perlu mengingat user intent atau niat pengguna dalam mencari kata kunci tersebut. Jika yang diketikkan hanyalah prewedding atau foto prewedding, belum tentu ia sedang mencari jasa foto. Bisa saja ia hanya iseng mencari inspirasi foto prewedding, atau mencari artikel tentang prewedding.
Jadi, pertimbangkan juga user intent alias niat pengguna, dalam menentukan kata kunci yang muncul.
Katakanlah Anda sudah memilih kata kunci yang Anda suka, misalkan “foto prewedding murah”. Anda bisa menggunakan kata kunci tersebut sebagai domain!
Masukkan Kata Kunci Anda di Merk
Anda sudah mendapatkan kata kunci, dalam hal ini adalah Foto Prewedding Murah. Anda bisa menambahkan ini di nama bisnis Anda di HaloJasa.
Formatnya kira-kira seperti ini:
(Merk Jasa yang Anda punya) – (Kata Kunci)
Contohnya:
Sekar Photography – Foto Prewedding Murah Surabaya
Perfect! Tidak hanya merk bisnis Anda tercantum di sana, demikian juga dengan kata kunci yang dibutuhkan Google pun tersedia.
Tuliskan deskripsi Anda menggunakan kaidah-kaidah SEO
Berikutnya adalah penulisan deskripsi.
Deskripsi memberikan Anda ruang cukup besar untuk menjelaskan bisnis Anda. Kami pernah membahas tentang copywriting dalam deskripsi, sehingga Anda tidak hanya menjelaskan bisnis Anda, Anda pun melakukannya dengan kalimat-kalimat yang menjual.
Namun bagaimana kalau deskripsi ini juga “disuntikkan” trik-trik SEO?
Ada tiga trik dasar penulisan SEO yang bisa dilakukan di sini.
Tulislah deskripsi ini dengan cukup panjang. 350 kata sudah cukup, namun jika bisa lebih, akan lebih bagus lagi. Untuk memeriksa jumlah kata, Anda bisa memeriksanya dengan ini.
Sebarkan kata kunci utama yang Anda punya. Ingat, selama menulis, sebarkan kata-kata kunci yang Anda punya di semua paragraf deskripsi.
Namun sebaiknya jangan terlalu padat. Kepadatan kata kunci tidak boleh lebih dari 3%. Untuk memeriksa kepadatan kata kunci, salin deskripsi buatan Anda di sini.
Pada laman tersebut, pilih opsi TEXT, dan pada number of words per phrase, sesuaikan dengan jumlah kata pada kata kunci Anda. Karena saya menggunakan diet catering, maka hanya ada dua kata. Jadi di sini saya pilih 2 words.
Setelah itu, klik centang pada ReCaptcha, dan klik “Check”.
Setelah diperiksa, di bagian bawah akan muncul hasil analisis kepadatan kata kunci. Pada deskripsi buatan saya, kata kunci “catering diet” memiliki kepadatan 2.56%. Cukup baik.
Sebarkan kata kunci terkait. Bagaimana Google membedakan “gigi” manusia, dengan “Gigi” nama band, dengan “Gigi” nama panggilan artis? Google mengetahuinya dari kata-kata di sekitar artikel tersebut.
Hal serupa terjadi di deskripsi ini. Dalam deskripsi saya mengenai catering diet, saya menuliskan tentang menu diet, konsultan diet, nutrisi, dan kata-kata lain yang ada kaitannya dengan diet. Ini akan membantu Google dalam memahami apa yang sesungguhnya diceritakan dalam deskripsi tulisan kita.
Untuk itu, sebarkan kata-kata yang berhubungan kata kunci Anda.
Optimasi Foto Jasa Anda agar sesuai kaidah SEO
Di laman portofolio, Anda diminta untuk mengunggah foto hasil pekerjaan Anda.
Anda pun bisa melakukan trik SEO di sini. Caranya, kumpulkan dulu beberapa foto yang akan Anda unggah.
Di foto-foto di atas, namanya masih berantakan. Anda perlu menggantinya dengan kata kunci yang Anda punya. Di sini, saya menggunakan kata kunci “catering diet”. Maka saya akan mengganti kata kunci yang saya punya dengan kata kunci “catering diet”.
Agar bisa melakukannya dengan cepat, Anda bisa menyorot seluruh foto yang akan diupload. Cukup klik drag (seret) hingga seluruh foto tertutupi oleh warna biru seperti ini.
Klik kanan, rename.
Masukkan kata kunci yang Anda inginkan, lalu tekan enter. Hasilnya seperti ini.
Maka, hasil foto Anda siap masuk halaman pencarian utama Google!
Demikian tadi beberapa trik optimasi SEO untuk akun Halo Jasa Anda. Sebagai seorang pebisnis, Anda harus menggunakan semua resource yang Anda punya, agar bisnis jasa Anda bisa semakin maju. Tak terkecuali penggunaan Halo Jasa dan kombinasinya dengan SEO.
Semoga bermanfaat!