Di zaman dimana hampir semua akses informasi dapat diperoleh melalui internet seperti saat ini, bisnis bukanlah lagi hal yang harus memiliki bentuk fisik seperti toko ataupun perusahaan namun dapat berbentuk sebuah database yang disebut website. Saat menjelajah di dunia online, pastinya anda kerap menemukan website yang berisi bermacam jenis produk dimana pemesanan produk yang terdapat di dalam website tersebut dapat dilakukan secara online. Penggunaan website sebagai toko online seperti ini dikenal juga dengan e-commerce.
Pada pembahasan kali ini, sejumlah poin mungkin akan mengarah pada startup toko online seperti Lazzada, Bukalapak ataupun Tokopedia. Jika bicara mengenai optimisasi website toko online, sebenarnya optimisasi yang diterapkan dapat dikatakan sama layaknya dengan website pada umumnya. Namun pada hari ini, banyak sekali website berbasis e-commerce alias toko online yang mengabaikan prinsip SEO (Search Engine Optimization) onpage yang merupakan dasar SEO friendly. Hal ini terkait dengan isi konten yang tidak original dan banyak diambil dari website e-commerce lain yang menjual produk serupa.
Penerapan SEO onpage( SEO friendly) yang kurang maksimal dalam suatu website e-commerce( toko online ) dapat dikatakan sangat disayangkan apabila mengingat hal ini dapat meningkatkan traffic pengunjung website toko online menjadi lebih banyak lagi. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat digunakan untuk menerapkan SEO friendly pada website e-commerce atau toko online:
Pemberian deskripsi produk dengan baik
Salah satu prinsip utama dalam SEO friendly adalah pemberian konten yang baik untuk pengunjung website. Deskripsi produk yang baik akan memberikan informasi yang lebih lengkap pada pengunjung dan juga membuat persaingan dalam search engine/ mesin pencari menjadi lebih muda untuk bersaing. Men-copy deskripsi produk dari website e-commerce atau website toko online lain sebaiknya tidak dilakukan, dikarenakan hal tersebut akan membahayakan SEO website e-commerce anda( terjadi error). Buatlah deskripsi produk semenarik dan se-original mungkin agar dapat menunjang SEO website anda, panjang pendeknya konten juga akan sangat mempengaruhi kekayaan keyword di dalam konten anda.
Pemberian review produk
Halyang dimaksud pada bagian ini adalah pemberian testimoni sekitar pemakaian produk yang anda jualkan di toko online anda. Sebuah website e-commerce dengan halaman review produk memiliki presentase yang lebih tinggi untuk mendapatkan rangking pada search engine/ mesin pencari. Tambahkan juga review rich snippets untuk tujuan memaksimalkan SEO. Pada umumnya, website worpress memiiki beberapa plugins yang dapat menjalankan fungsi rich snippets yang tinggal anda perlu tambahkan.
Penerapan atau pengunaan keyword
Pada bagian ini, pemberian keyword pada title adalah sangat penting. Memang banyak yang sumber yang mengatakan bahwa keoriginal title adalah hal yang penting. Namun tidak serta merta hal tersebut membenarkan untuk meninggalkan fokus keyword. Berikan fokus pemberian keyword ini pada judul halaman( title tag) dan juga judul konten(heading tag) untuk memaksimalkan ranking pada pencarian Google. Sebisanya mungkin, anda juga harus menghindari kesalahan dalam pengetikan keyword atau nama produk(typo), karena Google adalah robot pencarian yang cerdas sehingga kesalah dalam pengetikan dapat menyebabkan Google tidak menyajikan halaman anda sebagai hasil pencarian.
Melakukan optimisasi pada URL
Hal ini memang terdengar remeh dan sering diabaikan oleh para pebisnis toko online, namun hal ini juga memberikan sumbangsi dalam peringkat produk anda di mesin pencari. Kebanyakan website e-commerce masih menggunakan link mentah( permanent link) yang kurang baik untuk SEO friendly. Contoh URL pemanent link adalah sebagai berikut:
URL yang menerapkan SEO Friendly seharusnya mencantumkan keyword di dalamnya, contohnya:
http://onlineshop.com/jacket/jeansjacket