Ketika Anda membangun sebuah bisnis e-commerce dengan pangsa pasar usia muda, maka sulit untuk mendapatkan penjualan yang stabil. Mengapa hal ini bisa terjadi? Kondisi pasar seperti ini memang sangat sering terjadi, karena pada dasarnya remaja mungkin belum bisa menghasilkan uang sendiri. Mereka masih tergantung pada uang saku sehingga sulit untuk membeli produk yang mereka inginkan. Namun beberapa anak muda sekarang juga bisa menghasilkan uang sendiri dengan cara yang kreatif. Misalnya dengan membuat situs channel Youtube atau berjualan secara online. Tapi apakah mereka tidak menjadi konsumen? Tentu saja tidak, sebab mereka bisa menjadi sasaran pasar untuk e-commerce dengan produk khusus untuk anak muda. Berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan pasar jika Anda membangun e-commerce untuk anak muda.
Sponsor: jasa pembuatan web
1. Tawarkan produk sederhana yang tidak berlebihan
Jika Anda mencoba untuk menawarkan produk fashion maka cobalah untuk menjadi lebih sederhana. Saat ini tren anak muda cenderung lebih suka dengan produk yang sederhana dan tidak terlihat rumit. Namun Anda harus mencoba untuk berani bermain dengan warna. Warna-warna harus sesuai dengan umur konsumen dan bagaimana mereka bisa suka dengan warna favorit. Beberapa warna pastel lebih disukai oleh anak muda yang terlihat lebih simpel. Namun anak remaja usia sekolah umumnya lebih suka warna yang cerah karena mereka berani menggunakan warna-warna ini.
2. Kualitas produk juga sangat penting
Kemudian kualitas produk juga sangat penting untuk remaja usia muda. Meskipun mereka selalu melihat harga namun mereka juga tetap membutuhkan kualitas produk. Ketika mereka membeli sebuah produk yang cepat rusak, maka mereka tidak akan kembali lagi. Dengan cara ini maka Anda bisa mencoba untuk membuat produk berkualitas sama seperti produk untuk usia dewasa. Apapun produk yang Anda buat, maka kualitas tetap menjadi pertimbangan penting.
3. Kreatif sebagai kunci utama
Anak – anak muda umumnya lebih mudah bosan pada tren yang baru berkembang. Ketika mereka menemukan produk yang sudah banyak dibuat oleh berbagai produsen maka mereka tidak akan membeli dengan mudah. Dan ini sangat lain untuk produk yang dijual dalam jumlah terbatas, memiliki keunikan dan juga istimewa. Bagaimanapun jiwa anak muda akan lebih sensitif dengan persamaan. Misalnya jika Anda membuat produk jaket dengan pemasaran e-commerce, maka pastikan jaket itu dibuat dengan edisi terbatas.
4. Memilih idola untuk promosi
Anak muda memang sangat tergantung dengan idola mereka. Idola seperti menjadi contoh dan terkadang juga semangat khusus untuk menjalani masalah yang sering dialami oleh anak muda. Karena itu Anda bisa mengambil peluang dengan menjadikan idola sebagai promosi. Anda bisa menerapkan sistem endorse yang tidak rumit dan juga biaya yang lebih rendah. Kecuali jika e-commerce Anda sudah besar maka Anda bisa menjadikan idola itu sebagai bintang iklan.
Empat usaha untuk menggerakkan produk e-commerce khusus anak muda memang terlihat mudah. Namun Anda sebaiknya tidak mengambil kesimpulan sebelum mencoba untuk melakukannya. Langkah ini mungkin juga bisa gagal jika Anda tidak konsisten dengan bisnis yang Anda jalani.