Cara Mengukur Kesuksesan Bisnis E-commerce di Akhir Tahun

681
Bisnis E-commerce

Ketika sudah memasuki bulan Desember maka sebenarnya semua bisnis sedang bekerja keras untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Ada beberapa momen yang dimanfaatkan untuk meningkatkan pendapatan di bulan Desember ini. Seperti momen Natal dan tahun baru yang membuat banyak toko dan pemilik bisnis memberikan diskon yang besar. Memberikan diskon besar bisa berarti bisnis akan menjadi lebih besar karena banyak pembeli yang tertarik untuk melakukan transaksi. Namun apakah Anda sudah memperhitungkan dengan benar tentang keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Berikut ini beberapa cara untuk mengukur kesuksesan bisnis e-commerce Anda di akhir tahun.

Sponsor: biaya pembuatan website

1. Konversi pengunjung toko online dan pembeli

Ketika Anda menjalankan bisnis online maka Anda bisa memasang perangkat khusus untuk mengetahui siapa yang berkunjung ke toko online. Anda bisa mendapatkan jumlah pengunjung setiap hari kemudian menjumlahkannya menjadi dalam satu tahun. Kemudian bandingkan berapa banyak pengunjung dan jumlah pembeli yang melakukan transaksi. Apakah jumlah ini seimbang atau selisih jauh? Jika ada banyak pengunjung ke bisnis online Anda tapi tidak melakukan transaksi maka berarti toko Anda hanya menjadi alternatif kunjungan saja.

2. Hitung keuntungan Anda

Kemudian Anda juga harus menghitung semua keuntungan selama satu tahun penuh. Cara ini dilakukan setelah Anda membayar semua pengeluaran yang harus dipenuhi selama satu tahun penuh. Kemudian hitung berapa uang yang tersisa di kas toko Anda. Setelah Anda mendapatkan angka selisih dari penjualan dan pembelian maka ada keuntungan yang didapatkan. Jika hasilnya masih minus maka berarti bisnis Anda merugi. Jika ada keuntungan maka hitung berapa jumlahnya dan lihat pertumbuhan keuntungan ini dari tahun ke tahun. Pertimbangkan keuntungan untuk investasi bisnis e-commerce Anda dimasa depan.

3. Berapa nilai pertambahan pelanggan

Anda juga harus menghitung berapa jumlah pelanggan yang tumbuh setiap tahunnya. Jika Anda baru masuk tahun pertama maka hitung dengan perbandingkan target pelanggan yang sudah dirancang. Anda bisa mengetahui nilai ini dari jumlah promosi yang Anda sebarkan dan berapa jumlah pelanggan yang menggunakan manfaat promosi Anda. Kemudian Anda juga harus mengetahui berapa jumlah pelanggan yang mengabaikan sistem promosi Anda.

4. Jumlah pelanggan yang memanfaatkan sistem online

Dan Anda juga harus mengetahui berapa jumlah pelanggan yang memanfaatkan sistem promosi Anda secara online. Meskipun Anda menjalankan toko dengan dua metode yaitu online dan toko fisik maka perhitungan harus dilakukan dengan dua cara. Hitung berapa perbandingkan pelanggan yang menggunakan sistem online dan fisik. E-commerce pada dasarnya lebih cenderung menggunakan cara online atau digital sehingga jumlah pelanggan harus lebih banyak dan tumbuh cepat pada sektor ini.

Menghitung apakah e-commerce Anda sukses atau tidak memang terlihat rumit. Namun Anda bisa memanfaatkan data yang didapatkan secara digital sehingga data lebih akurat. Dan selalu gunakan berbagai alat digital untuk memprediksi lebih cepat dan mudah.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry