Bagi para pebisnis, media sosial dapat dikatakan sebagai tempat yang tepat untuk melakukan digital marketing. Seperti yang anda ketahui bahwa media social adalah situs yang paling banyak dikunjungi oleh pengguna internet setiap harinya, tercatat ada lebih dari jutaan pengguna situs social media setiap harinya. Salah satu situs media sosial yang kerap dikunjungi adalah Twitter.
Twitter adalah salah satu social media yang popularitasnya menyaingi Facebook. Berbeda dengan Facebook, situs media sosial ini menggunakan sistem follow dan follow back dalam pertemanannya.
Sama halnya dengan Facebook, situs yang satu ini ditujukan untuk connect people/ menghubungkan orang-orang tanpa terbatas jarak dan juga waktu. Dengan menggunakan media sosial berlambang burung yang identik dengan warna biru ini, anda dapat berbagai apa yang dipikirkan, foto hingga video pribadi anda. Namun tahukah anda bahwa twitter juga dapat digunakan untuk sarana untuk berbisnis online?. Jika anda belum tahu mengenai hal ini, berikut ini penjelasan terkait hal tersebut.
Pernahkah anda mendengar wacana yang mengungkap bahwa memiliki banyak follower di twitter dapat menghasilkan uang untuk anda?, percaya atau tidak hal tersebut adalah benar. Dengan memiliki banyak follower, memungkinkan anda mendapatkan tawaran untuk meng- endorse suatu produk melalui twitter atau Youtube, entah itu produk kecantikan ataupun obatan.
Hampir sama dengan endorsement melalui twitter, Twitter ads juga dapat digunakan untuk mempromosikan produk yang anda tawarkan. Anda dapat memperkenalkan produk yang anda jualkan bersama tweet yang anda post pada twitter ke para follower anda dan mengarahkannya ke halaman website ataupun produk yang anda perkenalkan. Berikut ini beberapa hal penting yang harus anda ketahui ketika menggunakan Twitter sebagai langkah marketing:
*Penentuan tujuan
Sebelum membuat akun twitter untuk bisnis ataupun branding suatu produk, anda harus mulai memikirkan tujuan pembuatan twitter. Pada umumnya tujuan pembuatan twitter untuk bisnis memiliki 2 tujuan berbeda yaitu:
•Sebagai penyedia informasi dan contact person( memudahkan pemesan untuk memesan produk melalui contact person yang diampirkan pada twitter)
•Membuat pengguna twitter menyadar keberadaan produk yang anda jualkan
Dengan mengetahui tujuan ini, memungkinkan anda untuk mendapatkan sejumlah keuntungan seperti perluasan jaringan bisnis dan juga mengetahui trend pasar saat ini.
*Pembaharuan profil
Para pengguna twitter jelas tidak akan tertarik untuk mengikuti/ follow anda jika profil anda tidaklah menarik. Sebisa mungkin, buatlah profil dengan mencantumkan hal yang dapat menonjolkan brand dan juga produk yang anda jualkan/ tawarkan.
*Me-follow twitter pesaing bisnis anda
Mungkin hal yang satu ini terdengar sedikit ganjil namun percayalah hal ini akan menjadi langkah yang cukup efektif. Dengan me-follow pesaing anda, anda akan mengetahui strategi marketing yang mereka terapkan. Jika anda memiliki produk serupa dengan apa yang pesaing anda tawarkan, bukanlah hal buruk untuk melakukan langkah marketing yang sama dengan pesaing anda lakukan.
Follow juga beberapa follower yang mengikuti twitter pesaing anda, anda juga sangat disarankan untuk me-follow beberapa selebritis.