3 Kesalahan Dalam Menggunakan Instagram Untuk Digital Marketing

560
Instagram

Sejak dirilis pada tahun 2010, Instagram dapat dikatakan sebagai media sosial yang langsung dapat menarik perhatian internet user. Media sosial yang identik dengan icon kamera berwarna cokelat ini berhasil membawa perubuhan di dunia maya, dimana ia menjadi media baru untuk mengungkapkan ataupun berbagi ide yakni melalui gambar yang diposting di dalamnya. Bahkan kepopuleran dari Instagram ini membuatnya diakusisi oleh search engine terbesar di dunia” Google” dengan harga yang fantastis. Hingga saat ini sendiri, terdapat lebih dari 300 juta akun atau pengguna media sosial yang satu ini.

Sponsor: jasa pembuatan website toko online

Sama halnya dengan facebook, dengan semakin meningkatnya minat dan juga jumlah pengguna Instagram, media sosial yang juga kerap disingkat Insta ini pun menjadi salah satu alat digital marketing yang banyak dipilih oleh pengembang brand ataupun pelaku bisnis. Instagram dinilai memiliki potensi yang cukup tinggi untuk meningkatkan angka penjualan ataupun proses brading suatu produk atau bisnis. Meskipun demikian, tanpa penggunaan yang tepat, Instagram tidak akan dapat menjadi alat marketing yang efekti.

Terdapat banyak sekali di luar sana, pengembang bisnis atau marketer yang melakukan kesalahan dalam menggunakan instagram sebagai media digital marketing. Nah,.kali ini carabisnisonline.co.id akan mengupas beberapa kesalahan dalam menggunakan instagram sebagai media digital marketing ini, berikut beberapa kesalahan yang dimaksud sebelumnya:

Tidak Memiliki tujuan yang pasti

Kesalahan nomor satu yang kerap dilakukan oleh para pebisnis dalam menggunakan instagram sebagai media digital marketing adalah tidak adanya tujuan yang pasti dalam menggunakan instagram sebagai alat yang membantu marketing dan juga strategi apa yang digunakan. Seperti yang anda ketahui bahwa Instagram memberikan kesempatan besar bagi para penggunanya, khususnya para pebisnis untuk memperkenalkan bisnis atau produknya melalui gambar dan juga video. Tidak hanya itu, bahkan Instagram juga memberikan akses untuk anda agar dapat menjawab pertanyaan yang ditujukan pada gambar atau video yang anda posting(comment). Sehingga, dapat dikatakan bahwa terdapat banyak hal yang dapat anda lakukan dengan menggunakan media sosial ini.
Intinya, anda harus sangat fokus pada tujuan dan juga strategi marketing yang anda gunakan agar usaha branding anda tidak menjadi sia-sia.

Tidak fokus pada kualitas konten

Kesalahan lainnya yang kerap dilakukan oleh para pebisnis dalam menggunakan instgram untuk marketing adalah kurang atau tidak fokusnya pada kualitas konten yang diposting. Seperti yang anda ketahui bahwa, konten adalah ratu dalam sebuah upaya digital marketing. Konten yang memadai atau dalam hal ini berkualitas akan dapat menarik perhatian audience untuk menghentikan scrollingnya dan membaca postingan di akun Instagram anda. Untuk itulah, memposting konten yang berkualitas menjadi hal penting yang harus anda utamakan dalam penggunaan instagram sebagai media marketing.
Postinglah foto atau video dengan kualitas yang baik dan juga sertakan caption yang memiliki kekuatan marketing di dalamnya.

Kurangnya jumlah postingan

Masih mengenai kesalahan dalam menggunakan instagram sebagai media marketing, kurangnya jumlah postingan juga adalah salah satu kesalahan yang umum dilakukan oleh para pebisnis yang menggunakan media sosial ini sebagai alat marketingnya. Dalam salah satu studi yang dilakukan oleh Union Metrics, banyak brand-brand yang melakukan posting sebanyak 1,5 kali dalam sehari. Bahkan, terdapat juga yang memposting hingga 1 konten setiap jamnya.

Sebenarnya, dalam menggunakan instgram sebagai media digital marketing, anda tidak perlu mempostingnya terlalu ekstrim hingga 1 konten per jamnya. Yang anda perlukan adalah menjadi konsisten dalam memposting konten anda. Misalnya, anda memulai bisnis dengan memposting 5 konten setiap harinya, maka akan amat penting untuk penerapan digital marketing anda untuk mempertahankan frekuensi serta jadwal tersebut. Tentu saja, kualitas konten yang anda posting juga harus terjaga.Menurut salah satu sumber, untuk brand besar, jumlah postingan ideal setiap harinya adalah berkisar 2 hingga 5 kali saja.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry